Potensi Hujan Lokal Masih Ancam Lingga di Bulan Desember

Potensi Hujan Lokal Masih Ancam Lingga di Bulan Desember

Ilustrasi

Lingga - Memasuki awal Desember, curah hujan masih berbuntut dari bulan November lalu. Hujan bersifat lokal dengan intensitas ringan hingga sedang namun tidak terlalu tinggi akan terus terjadi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, saat ini pihaknya masih memantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Kepulauan Riau, termasuk Kepulauan Lingga.

"Akibat dari itu, penumpukan massa udara sangat mendukung untuk pertumbuhan awan. Kemudian, kelembapan udara yang cukup tinggi di lapisan atas juga semakin mendukung pertumbuhan awan konvektif," kata Sahat kepada Batamnews.co.id, Jumat (7/12/2018).

Secara umum, berdasarkan hasil perkiraan, cuaca di Lingga berawan dan berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat maupun udara," ujarnya.

Sementara untuk aktivitas laut, Sahat mengaku masih aman jika kondisi normal. Saat ini, tinggi gelombang berkisar 0,1-0,7 meter dengan arah dari Barat-Timur Laut, dengan kecepatan 5/22 km/jam.

"Kalau arus, arahnya berubah-ubah atau variable dengan kecepatan 20 cm/detik. Jika ada awan Cumolonimbus, barulah membuat keadaan cuaca tidak mnjadi normal," katanya.

(ruz)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait