Tips Biar Kaki Nggak Bau Saat Sepatu Basah Kehujanan

Tips Biar Kaki Nggak Bau Saat Sepatu Basah Kehujanan

ilustrasi (Foto: merdeka..com)

Batam - Kaki yang bau kerap jadi masalah setiap orang. Selain karena mengganggu yang lain, kita juga jadi nggak pede. Berasa ada yang liatin terus karena kaki jadi bau.

Dikutip dari detikHealth, Berikut beberapa tips biar kaki nggak jadi bau saat sepatu kehujanan.

Lekas cuci kaki

Segera cuci kaki dengan sabun sebersih mungkin. Sepatu basah sebabkan kaki menjadi bau karena bakteri dan jamur yang muncul. Tau kan kalau sepatu itu tempat bersarangnya kuman-kuman? Makanya, lekas bersihkan kaki segera setelah sepatu kebasahan.

Keringkan kaki

Sama pentingnya dengan mencuci kaki, menjaga kaki tetap kering juga perlu. Gunakan lap pengering seperti handuk atau tisu untuk mengelap kaki. Infeksi jamur dan bakteri sangat senang tumbuh di kaki yang lembap.

Biar lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan krim anti bakteri atau anti jamur untuk mencegah kuman muncul kembali dari waktu ke waktu.

Bersihkan sepatu

Jangan abaikan sepatu yang kebasahan. Lekas keringkan sepatu, bisa dijemur atau dianginkan agar tidak merusak kualitasnya.

Jika ada, taburkan bedak atau semprotkan parfum untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Tapi ingat, jangan letakkan sepatu di dalam ruangan ya. Nanti sepatu akan makin lembap dan bau.

Sumpal sepatu dengan kertas atau koran bekas

Kertas atau koran ternyata bisa menyerap bau tidak sedap. Buat gumpalan kertas untuk menyumpal rongga sepatu. Biarkan beberapa saat sebelum digunakan kembali. Memakai sepatu yang sudah dikeringkan dengan metode ini dijamin akan menghindarkan kaki dari bau tidak sedap.

Bawa sandal atau sepatu cadangan

Ketika musim hujan tiba, ada baiknya membawa sandal atau sepatu cadangan di tas atau letakkan di kantor untuk berjaga-jaga ketika sepatu kebasahan. Jadi nggak perlu terlalu khawatir karena sudah punya cadangannya.

(aiy)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews