7 Area Ini Bisa Berbahaya Jika Diletakkan Ponsel Cerdas

7 Area Ini Bisa Berbahaya Jika Diletakkan Ponsel Cerdas

Ilustrasi (Foto: bambangpurnomohp.blogspot.com)

Batam - Di zaman sekarang, ponsel cerdas sudah menjadi benda terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Jika hanya 1 hari saja tidak menggunakan ponsel cerdas, maka hidup terasa kosong dan mati gaya. Tidak heran, bila Anda selalu membawa ponsel cerdas kemana pun.

Walaupun begitu, Anda tentunya tidak boleh meletakkan ponsel cerdas di sembarang tempat. Usahakan untuk tidak meletakkannya pada tempat-tempat seperti ini agar bisa melindungi kesehatan Anda.

1. Jangan taruh ponsel cerdas di saku depan, khususnya bagi pria

Tahukah Anda bahwa meletakkan ponsel cerdas di saku depan bisa berpengaruh buruk terhadap kualitas sperma? Ini didasarkan pada studi oleh University of Exeter yang menyatakan bahwa radiasi elektromagnetik yang berasal dari ponsel cerdas memiliki risiko mengurangi mutu dan jumlah sperma pria.

2. Menaruh ponsel cerdas di saku belakang

Diberitakan dari Bright Side, menaruh dan menduduki ponsel cerdas di saku belakang dapat membuat sakit punggung, lutut dan perut. Ditambah dengan risiko pecahnya layar sentuh atau bisa juga kesalahan panggilan. Tak menutup kemungkinan ponsel cerdas Anda bisa dicuri orang.

3. Menaruh ponsel cerdas di bra

Walaupun ini belum ada bukti bisa berakibat pada kanker payudara, tapi diberitakan dari American Cancer Society, gelombang radio magnetik pada ponsel cerdas berpeluang menambah pertumbuhan tumor.

4. Meletakkan ponsel cerdas di panggul

Diberitakan dari riset dari Süleyman Demirel University, Turki memperlihatkan bahwa meletakkan ponsel cerdas di panggul akan membuat tulang panggul jadi lemah. Riset itu dilaksanakan kepada 150 pria yang meletakkan ponsel cerdas di panggul mereka setiap hari.

5. Menempelkan ponsel cerdas pada pipi ketika melakukan panggilan

Belum banyak yang tahu bahwa ponsel cerdas mengandung kuman dan bakteri. Atau dengan kata lain, kotor yang tidak terlihat pada ponsel lebih berbahaya ketimbang toilet umum. Sehingga sangat mudah berpindahnya kuman dan bakteri ke bagian pipi.

Namun bagaimana jika ingin menelepon? Gampang, Anda cukup mengatur jarak sekitar 2 cm agar ponsel cerdas tidak menempel pada pipi.

6. Hindari meletakkan ponsel cerdas di kereta bayi

Khusus para orang tua yang selalu membawa bayinya jalan-jalan, hentikanlah kebiasaan meletakkan ponsel cerdas di kereta bayi. Mengapa? Berdasarkan kajian yang diterbitkan oleh Journal of Epidemiology and Community Health, paparan dari ponsel cerdas dapat berakibat pada gangguan kepribadian misalnya hiperaktif.

7. Meletakkan ponsel cerdas di samping ketika tidur

Dikabarkan dari Bright Side, paparan sinar ketika notifikasi ponsel menyala itu berakibat pada pengurangan hormon melatonin yang diproduksi oleh tubuh. Sedangkan hormon melatonin sangat bermanfaat agar tidur Anda nyenyak.

Disamping itu, pancaran radiasi gelombang elektromagnetik ketika tidur pun memicu sakit kepala dan pusing. Kemudian, tidak sedikit pula laporan tentang ponsel cerdas yang mengalami panas dan akhirnya meledak ketika berada di atas kasur. Jadi, sebaiknya selalu jauhkan ponsel cerdas Anda dari tempat tidur agar itu tidak mengganggu kualitas tidur dan kesehatan Anda.

Kendati ponsel cerdas diperlukan setiap waktu, simpanlah baik-baik. Pemakaian secara berlebihan juga faktanya tidak bagus untuk kesehatan. Anda bisa melakukan hal lain tanpa menggunakan ponsel cerdas agar tidak mengalami ketergantungan pada alat tersebut.

(aiy)