3 Tips Membersihkan Teflon Agar Tetap Awet

3 Tips Membersihkan Teflon Agar Tetap Awet

Ilustrasi (Foto: fimela.com)

Batam - Teflon atau wajan anti lengket merupakan andalan bagi Anda yang suka masak. Bukan hanya soal tidak lengket, wajan ini juga sangat multifungsi dan siap memasak beragam sajian dengan cara digoreng atau dipanggang.

Yang perlu diketahui, teflon dapat bertahan hingga 5 tahun jika penggunaan dan perawatannya baik. Kalau lapisan anti lengket teflon sudah mengelupas, sebaiknya jangan gunakan lagi wajan tersebut.

Bila tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik, lapisan anti lengket pada teflon akan lebih mudah rusak, tergores, atau hilang. Untuk itu, cara membersihkannya pun harus benar. Dikutip dari Liputan6.com, berikut beberapa tips merawat teflon agar lebih awet:

1. Manfaatkan baking soda

Supaya hasilnya maksimal, campurkan baking soda dengan air. Kemudian, usapkan permukaan wajan menggunakan spons atau sikat lembut. Setelah digosok, bilas lapisan tersebut menggunakan air yang mengalir.

2. Olesi dengan minyak

Untuk membersihkan kotoran yang membandel pada teflon, pulihkan dengan mengoleskan minyak sayur. Kemudian, lap hingga kering. Setelahnya, Anda bisa cuci teflon seperti biasa. Sekarang, wajan lebih bersih dan siap digunakan kembali.

3. Hindari mencuci dengan dishwasher

Beberapa produk wajan anti lengket mungkin mencantumkan label 'dishwasher save', tapi sebaiknya jangan gunakan dishwasher untuk mencuci teflon. Pasal, suhu panas dan deterjen dapat merusak lapisan anti-lengket pada wajan.

(aiy)