Wajib Tahu 8 Cara Melindungi Diri dari Infeksi HIV - AIDS Ini

Wajib Tahu 8 Cara Melindungi Diri dari Infeksi HIV - AIDS Ini

Ilustrasi

Jakarta - Kasus HIV di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan kejadian kumulatif infeksi HIV hingga Juni 2018 mencapai 301.959.

Meski angka kasus HIV meningkat, pengetahuan masyarakat tentang upaya pencegahan terinfeksi virus ini masih rendah. Data Survey Demografi Kesehatan Indonesia 2017 menyebutkan hanya 49 persen wanita Indonesia dan 55 persen pria di Indonesia yang tahu bahwa membatasi hubungan seksual hanya dengan satu pasangan dan juga menggunakan kondom secara konsisten dapat menurunkan risiko penularan HIV.

Nah, bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia yang jatuh setiap 1 Desember 2018 ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus yang menyerang organ-organ vital sistem kekebalan tubuh manusia. Berikut caranya seperti disampaikan dokter Tirsa Verani SpOG dari RS. Brawijaya Antasari dalam kampanye Kondom Sutra bertajuk #UbahHidupLo di Car Free Day Sudirman Jakarta pekan lalu seperti diambil dari rilis DKT Indonesia.

1. Tahan Diri, untuk tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah

2. Tetap Setia, pada satu pasangan seksual

3. Main Aman, dengan menggunakan kondom pada saat melakukan hubungan seksualberisiko

4. Get tested, tidak ada salahnya untuk melakukan VCT atau Voluntary Counselling dan Testing untuk mengetahui status Anda

5. Ketahui Status Pasangan Anda, diskusikan dengan pasangan Anda secara jujur dan terbuka

6. Segera obati Infeksi Menular Seksual Anda dengan melakukan check-up ke dokter.

7. Gunakan jarum suntik yang steril, dan hindari menggunakan jarum suntik bekas

8. Education, mendidik diri kita sendiri mengenai informasi yang benar tentang HIV-AIDS akan membantu untuk mengurangi kesempatan kita terkena HIV-AIDS, dan menghindarkan kita dari anggapan yang salah tentang HIV-AIDS.mengenai statusnya.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews