Peringatan Harkesnas Karimun, Aunur: Ayo Perangi TB dan HIV/AIDS

Peringatan Harkesnas Karimun, Aunur: Ayo Perangi TB dan HIV/AIDS

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (Harkesnas) ke-54 di Karimun. (Foto: Edo/batamnews).

Karimun - Bupati Karimun Aunur Rafiq mengajak warga memerangi sekaligus mencegah persebaran penyakit TB dan HIV/AIDS. Pola hidup sehat menjadi kunci dalam mencegah penyakit.

Aunur menyampaikan hal tersebut dalam kampanye yang dihelat Dinas Kesehatan Karimun bersempena dengan Hari Kesehatan Nasional (Harkesnas) ke-54, di Panggung Putri Kemuning Coastal Area, Minggu lalu.

Dia mengajak masyarakat untuk bersama- sama mencegah penularan penyakit TB. Yaitu cara mengonsumsi makanan bergizi, seimbang, sehingga daya tahan tubuh meningkat dan terbebas dari penyakit.

"Harus diciptakan lingkungan yang bersih, tujuannya untuk pencegahan TBC. Bila memang ada yang dicurigai sakit agar dapat langsung dilakukan pemeriksaan diri dan berobat sesuai dengan aturan oleh dokter," ujar Aunur.

Senada juga dilakukan pada pencegahan HIV/AIDS, dimana diharapkan masyarakat dapat menghindari berganti-ganti pasangan. Lalu tidak menggunakan narkoba dan jangan melakukan hubungan suami istri tanpa adanya pengaman.

"Mari kita bersama- sama untuk menciptakan Karimun sehat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi mengatakan, kampanye TB, HIV/AIDS itu bertujuan untuk memberikan pengertian kepada masyarakat. Selain itu, mendorong masyarakat melakukan pemeriksaan terhadap gejala-gejala penyakit.

"Penyakit- penyakit itu sangat berbahya sehingga harus diberikan pengertian kepada masyarakat agar mengerti dan sama- sama melakukan pencegahan," kata Rachmadi.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews