Duh, Perdana Menteri Luxembourg Nikahi Pasangan Homonya

Duh, Perdana Menteri Luxembourg Nikahi Pasangan Homonya

Perdana Menteri Luxembourg (kanan) menggandeng pasangan sesama jenisnya

BATAMNEWS.CO.ID, Luxembourg - Perdana Menteri Luxembourg, Xavier Bettel (42), menikahi kekasih lamanya Gauthier Destenay. Pemimpin politik salah satu negara paling kaya di Eropa itu menjadi yang kedua di dunia menikah dengan sesama jenis secara terbuka ketika masih berkuasa.

Menurut the Guardian, Minggu (17/5) Bettel dan Destenay hidup bersama sejak 2010. Mereka sempat berencana menikah setelah Bettel lengser, tapi akhirnya pesta dipercepat. Dalam upacara pernikahan di Balai Kota Luxembourg City, hanya hadir keluarga dekat dan tamu undangan khusus.

"Dia tidak ingin kehidupan pribadinya menjadi sorotan publik," kata salah satu politikus sahabatnya.

Toh, walau tidak diliput, foto-foto pernikahan mereka tetap tersebar. Warga Luxembourg tidak mempersamalahkan pernikahan sesama jenis pemimpin mereka. Walau agama mayoritas penduduk adalah Katolik, nyatanya 83 persen mendukung Undang-Undang Pernikahan gay maupun lesbian yang lolos pada Juni 2014 lalu.

Beberapa saat setelah pernikahan itu, Bettel dan Destenay berjalan bersama di sekitar Balai Kota. Warga mengelu-elukan mereka.

"Saya tidak akan pernah menyembunyikan siapa saya yang sebenarnya. Saya berkata dalam hati, jika kamu ingin menjadi politisi dan jujur dalam politik, anda harus jujur dengan diri sendiri dan menerima diri kita apa adanya," kata Bettel.

Bettel, yang memimpin Partai Demokrat Luxembourg, secara terbuka mengaku gay pada 2008. Partainya menjanjikan modernisasi Luxembourg, termasuk membuat negara itu lebih sekuler.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews