Lantunan Smansa Choir Hingga Tarian Kolosal Tuah Kampung Resang Meriahkan KTT Kelapa di Singkep

Lantunan Smansa Choir Hingga Tarian Kolosal Tuah Kampung Resang Meriahkan KTT Kelapa di Singkep

Tarian Kolosal Tuah Kampung Resang yang ditata oleh Boy Andika dan Andre P Lesmana (Foto:ist)

Lingga - Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelapa Nasional ke-2 tahun 2018 di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau resmi dibuka, Rabu (21/11/2018) kemarin. Kegiatan dibuka oleh Kepala Staff Presiden, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

Pada kesempatan tersebut, siswa dan siswi SMAN 1 Singkep yang tergabung dalam paduan suara Smansa Choir dipercaya menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai lagu pembuka. Kemudian, diikuti tiga lagu lainnya yakni, Rayuan Pulau Kelapa, Satu Nusa Satu Bangsa dan We Are The World.

"Beberapa siswa kami juga ikut dalam kelompok tarian kolosal yang tergabung dalam Sanggar Seni Langgam Selatan Dabo Singkep. Tarian ini menggambarkan kekayaan alam Pulau Lingga  dengan judul Tari Tuah Kampung Resang," kata Kepala SMAN 1 Singkep, Hazirun kepada Batamnews.co.id, Kamis (22/11/2018).

Sementara itu, salah satu penata gerak Tari Tuah Kampung Resang, Boy Andika mengatakan, tarian tersebut kata dia terinspirasi dari keadaan geografis Lingga yang berada di wilayah pesisir yang memiliki banyak sekali tanaman kelapa. Bahkan, menjadi salah satu penghasil terbesar.

Kemudian, pola kehidupan dan pemanfaatan kelapa oleh masyarakat juga menjadi ide penggarapan karya ini.

"Karya yang dibuat ini menggambarkan betapa kayanya Kabupaten Lingga dengan menjadi salah satu wilayah penghasil kelapa terbesar," ujarnya.

Lanjut dia, tarian tersebut dibuat dengan menggabungkan beberapa ragam gerak tari melayu yang dikemas dalam sebuah seni pertunjukan karya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews