Gonggong Batam Makanan Laut Pembangkit Libido

Gonggong Batam Makanan Laut Pembangkit Libido

Makanan laut gonggong

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Gonggong merupakan makanan sejenis keong laut khas Kepulauan Riau yang diyakini berkhasiat menjadi afrodisiak alias pembangkit libido. Ada cara khusus untuk mengolah gonggong menjadi makanan lezat. Mau tahu?

detikTravel berkesempatan mencicipi gonggong ketika berkunjung ke Batam, Kepulauan Riau. Gonggong bisa ditemukan di berbagai restoran, termasuk restoran di KTM Resort. Ketika berada di sana, seorang pegawai resor pun menjelaskan cara mengolah gonggong yang lezat ini.

"(Gongong-red) Ditangkap, ditaruh air asin. Dicuci 2 hari dibuang pasirnya. Ambil, dicuci air tawar, dikasih air, garam sama jahe. Direbus sampai mendidih," jelas General Affair KTM Resort Ng Djui Tjie seperti dikutip dari detik.

Ia menyebutkan bahwa memang gonggong ini umumnya hanya direbus dan disajikan ketika masih hangat. Dalam penyajiannya, beberapa gonggong diletakkan pada sebuah piring, dilengkapi dengan tusuk gigi untuk mengeluarkan dagingnya.

"Bagian belakangnya paling enak. Caranya pakai cukil gigi, diciduk ke dalam sampai luar," ujar Ng Djui Tjie.

Penggunaan tusuk gigi memang untuk mempermudah menarik daging. Tetapi, bila ada bagian kaki gonggong yang terlihat bisa langsung ditarik. Daging putih yang kenyal pun akan terlihat dan bisa langsung disantap atau dicocol ke dalam sambal terlebih dahulu. Nikmat!

 

[snw]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews