Ekspor Buah ke Singapura Bikin Petani Kundur Makin Semangat

Kepala Dinas Pertanian Karimun, Muhammad Afan. (Foto: Edo/batamnews).

Karimun - Petani nanas dan pisang di Kecamatan Kundur, Karimun, bersemangat untuk bercocok tanam. Bahkan sebagian warga kini telah membuka lahan mereka untuk berkebun.

Dari data yang didapat dari Dinas Pertanian Kabupaten Karimun, telah tercatat sekitar 100 petani yang bergerak di bidang budidaya nanas, dan sekitar 50 petani pisang.

Kepala Dinas Pertanian Karimun Muhammad Afan mengatakan bahwa, saat ini pihaknya terus menggandeng para petani untuk meningkatkan produksi nanas dengan kualitas yang bagus.

"Kita terus dorong petani untuk tetap bersemangat, mudah-mudahan produksi nanas kita semakin bagus dan meningkat," kata Afan, kemarin.

Afan juga mengatakan, dengan adanya rumah produksi dan ekspor, sebagian masyarakat yang mempunyai lahan kini telah mulai menanam nanas.

"Kini semakin banyak, mereka yang punya lahan melihatnya sebagai rumah produksi, kemudian mereka juga tertarik dan kini telah mulai menanam nanas," kata dia.

Dengan banyaknya lahan yang kini ditanami dengan nanas, Afan berharap produksi nanas akan meningkat. Diperkirakan tahun depan telah bisa mengekspor nanas lebih dari 25 ton setiap minggunya.

"Kita ingin menghidupkan perekomian masyarakat. Kita membantu dengan menggandeng mereka serta mengarahkan. Semoga tahun depan produksi nanas dari petani kita meningkat," ucap Afan.

(aha)
 


Berita Terkait