KPU Batam Sinkronkan Nama Caleg Jelang Cetak Surat Suara

KPU Batam Sinkronkan Nama Caleg Jelang Cetak Surat Suara

Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menyinkronkan data nama calon anggota DPRD Batam menyusul segera dicetaknya surat suara di KPU Pusat. 

Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan mengatakan sinkronisasi ini dilakukan dengan menyesuaikan data nama calon di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dengan daftar calon tetap (DCT).

“Karena nama itu sensitif. Kalau salah cetak mereka pada komplain kan jadi masalah. Makanya kami pastikan nama yang akan dicetak sesuai dengan data diri caleg,” ujar Zaki, Selasa (6/11/2018).

Pada Pemilu 2019, nama calon anggota DPRD pada surat suara mengacu dari data Silon. Sementara saat ini masih banyak nama-nama calon yang ada di Silon belum sinkron dengan DCT.

“Maka diperlukan sinkronisasi meliputi database nama, nomor urut, dan susunan calon untuk memastikan bahwa nama calon pada Silon sudah sesuai dengan DCT,” kata dia.

Hal itu dilakukan sebelum melakukan sinkronisasi ke KPU RI, dan KPU Batam telah berkoordinasi dengan petugas penghubung atau liaison officer (LO) masing-masing partai politik terkait penyusunan surat suara berbasiskan Silon. 

“Melalui koordinasi tersebut, partai politik diberikan kesempatan untuk memperbaiki jika masih ada nama-nama calon anggota DPRD Batam yang kurang pas di DCT, baik karena ada kesalahan huruf atau penambahan gelar,” katanya.

Namun perbaikan nama calon dan penambahan gelar ini harus disertai surat permohonan dari partai politik bersangkutan.

“Dari hasil koordinasi, ada beberapa partai politik yang mengajukan permohonan perbaikan nama calon. Di antaranya terkait penghapusan huruf yang dobel pada nama calon, penambahan gelar, dan penyesuaian penulisan gelar,” jelasnya.

Lalu data perbaikan itu kemudian dikoreksi dan dibawa ke KPU RI untuk proses pencetakan contoh surat suara pada semua daerah pemilihan (dapil) di Kota Batam.

Saat ini sudah tercatat 691 calon yang akan bertarung memperebutkan 50 kursi DPRD Batam pada Pemilu 2019.

Rinciannya di dapil Batam 1 (Batam Kota dan Lubukbaja) ada 165 calon, dapil Batam 2 (Batuampar dan Bengkong) ada 115 calon, dapil Batam 3 (Seibeduk, Nongsa, Galang, Bulang) ada 104 calon, dapil Batam 4 (Sagulung) ada 129 calon, dapil Batam 5 (Batuaji) ada 86 calon, dan dapil Batam 6 (Sekupang, Belakangpadang) ada 92 calon.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews