Sopir dan Penumpang Adu Jotos, Bus Terjun ke Sungai

Sopir dan Penumpang Adu Jotos, Bus Terjun ke Sungai

Evakuasi bus yang jatuh ke sungai di Cina (Foto: bbc.com)

Cina - Sebuah rekaman menampilkan perkelahian antara pengemudi bis dengan penumpang sesaat sebelum bus kecelakaan dan jatuh ke sungai di Cina.

Bus itu jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter dari jembatan di atas Sungai Yangtze di Chongqing pada hari Minggu pekan lalu, menyebabkan paling tidak 13 orang meninggal dan dua masih hilang.

Awalnya laporan kecelakaan menyebutkan bus itu berbelok mendadak untuk menghindari kendaraan dari arah lain.

Tetapi rekaman yang baru terungkap itu menunjukkan pengemudi bus dipukul oleh seorang penumpang lalu sopir itu balas memukul.

Bus yang melaju dengan kecepatan tinggi itu, kemudian oleng dan melaju ke jalur berlawanan, menabrak dan menghancurkan tembok pengaman jembatan itu.

Rekaman kemudian putus di sana. Dan bus itu jatuh ke sungai.

Menurut harian People's Daily, polisi mengatakan perkelahian itu adalah penyebab kecelakaan tersebut.

Di rekaman yang dimuat berbagai media Cina itu terdengar penumpang berteriak-teriak.

Seorang perempuan (tak terlihat di kamera) memukul sopir, dan sang pengemudi membalas. (Foto: BCC Indonesia)

Bus lalu oleng ke seberang jalan, lalu rekaman terputus. (Foto: BCC Indonesia)

Rekaman yang diambil dari dasbor sebuah kendaraan lain menunjukkan bus itu menabrak pagar mengaman lalu terjun ke sungai. (Foto: BCC Indonesia)

Polisi mengatakan, penumpang yang diidentifikasi sebagai perempuan berusia 48 tahun dengan nama keluarga Liu, marah karena bus itu tak berhenti di halte perhentian yang dia mau di distrik Wanzhou itu.

Disebutkan, dia memukul pengemudi bernama Ran dengan ponselnya karena sang sopir menolak untuk berhenti dan menurunkannya.

Para saksi mengatakan bus itu lalu melaju ke seberang lalu menabrak pagar pengaman dan jatuh ke sungai.

Operasi penyelamatan besar-besaran dilancarkan melibatkan tim penyelam dan lusinan kapal dan mesin derek. Tetapi belum ada laporan tentang korban yang selamat.

Bangkai bus ditarik keluar dari sungai dari kedalaman 71 meter pada Rabu (31/10) malam. Sejumlah jasad penumpang hanya bisa diangkut keluar oleh penyelam.

Kecelakaan di jembatan yang terawat baik dan relatif sepi itu mengguncangkan Cina.

Media sosial di Cina pada hari Jumat (2/11) ini dipenuhi kecaman pada penumpang yang memukul sopir, meskipun ada juga yang mengkritik pengemudi karena balas memukul.

Sebuah poster di Weibo, Wanten888, mengatakan, "Jika melihat ada penumpang yang bertengkar dengan sopir bus, kita tidak boleh hanya diam saja!"

Yang lain mengatakan, 'sangat memilukan' mendengar penumpang yang ketakutan, sementara seorang pengguna Weibo bernama Liza mengatakan harus ada hukum yang melarang penumpang mengganggu pengemudi bus.

(aiy)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews