Terapkan 6 Cara Seru Ini Agar Anak Makin Rajin Membaca

Terapkan 6 Cara Seru Ini Agar Anak Makin Rajin Membaca

Ilustrasi

Jakarta - Semua orangtua pasti berharap anaknya tumbuh menjadi pribadi yang luar biasa. Memiliki wawasan yang luas serta mempunyai segudang prestasi terutama di bidang akademik. 

Sayangnya di dunia digital hari ini, mengajari anak membaca adalah tantangan tersendiri. Kadang anak mudah malas dan tidak bergairah jika bertemu buku. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara lho yang bisa kamu coba agar anakmu jadi gila membaca. Berikut di antaranya!

1. Mulai dengan WPB

WPB alias Wordless Picture Book merupakan sarana yang baik untuk merangsang hobi membaca anak. Sesuai namanya, buku ini dipenuhi gambar, minim bahkan tanpa kata sama sekali.

Buku yang kaya warna tersebut membuat anak menganggap membaca sebagai kegiatan menyenangkan. Otak anak pun akan belajar merangkai cerita berdasarkan gambar di dalam buku tersebut.

2. Membaca di depan anak

Orang tua selamanya tidak dapat menyuruh anaknya membaca apabila mereka tidak mampu memerintahkan dirinya sendiri untuk melakukan hal yang sama.

Anak adalah peniru yang baik. Jika lingkungan di sekelilingnya akrab dengan buku bacaan, perlahan anak pun suka membaca. Bila perlu, cobalah membacakan dongeng sebelum anak tidur.

3. Rekreasi ke toko buku

Siapa yang tidak suka jalan-jalan? Semua orang suka, begitu pun anak-anak. Kamu bisa mencoba mengajak buah hati berekreasi ke toko buku sebagai hiburan yang mencerdaskan. 

Sekali lagi, anak meniru orangtuanya. Tunjukkanlah minat dan ketertarikan yang tinggi saat pergi ke toko buku sehingga anak pun bersikap demikian.

Jangan lupa, persilakan mereka memilih sendiri buku yang akan dibelinya. Dengan begitu, anak merasa dihargai pendapatnya.

4. Berkreasi pada buku aktivitas

Buku aktivitas biasanya sengaja dirancang untuk diwarnai dan dicorat-coret. Selain mewarnai, anak juga bisa melakukan kegiatan seru, seperti menggabungkan titik, membuat gambar, menggunting, menempatkan, dan sebagainya.

Biarkan anak berkreasi pada buku aktivitasnya dengan harapan minatnya pada kegiatan membaca semakin tinggi.

5. Mengajak anak berdeklamasi

Di taman kanak-kanak, metode deklamasi umumnya sering digunakan. Yaitu meminta anak membacakan cerita di depan kelas. Nah, cara ini bisa kamu manfaatkan agar anak tertarik untuk membaca buku cerita. Mintalah ia menceritakan ulang isi buku tersebut.

6. Papan tulis buat si Kecil

Menyediakan papan tulis di rumah juga bisa menjadi pilihan menarik, lengkap dengan kapur warna-warni. Berikan hak sepenuhnya pada anak untuk berkreasi di media tersebut.

Orangtua pun dapat memanfaatkan papan tulis untuk mengasah minat membaca anak. Misalnya dengan meminta anak belajar menulis huruf atau kata. Tidak perlu melakukannya terburu-buru, yang penting anak merasa senang saat mengerjakannya.

Cara-cara di atas dapat diterapkan semuanya maupun hanya sebagian. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan karakter si kecil. Selamat mencoba!

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews