Puskesmas Resang Tak Miliki Ambulans, Dinkes Targetkan Tahun Depan

Puskesmas Resang Tak Miliki Ambulans, Dinkes Targetkan Tahun Depan

Ilustrasi mobil ambulans (foto:net)

Lingga - Puskesmas Resang yang berada di Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga belum memiliki mobil ambulans untuk merujuk pasien ke RSUD Dabo Singkep.

Selama setahun berjalannya pelayanan di puskesmas itu, jika ada pasien yang ingin dirujuk, keluarga pasien biasanya menggunakan mobil milik warga.

Dengan begitu, ketersediaan ambulans di puskesmas yang berada jauh dari RSUD Dabo tersebut sangat diperlukan. Selain untuk mempermudah merujuk pasien, juga bisa menekan biaya transportasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Zainal mengakui bahwa hanya Puskesmas Resang satu-satunya yang tidak memiliki ambulans, padahal satu daratan dengan RSUD.

"Untuk puskesmas yang satu daratan dengan Dabo, cuma Puskesmas Resang yang belum ada ambulans. Kalau yang lain seperti Dabo Lama, Raya dan Lanjut sudah ada," kata dia kepada Batamnews.co.id, Kamis (11/10/2018).

Keadaan di Singkep itu berbeda dengan di Pulau Lingga, setiap puskesmas yang satu daratan dengan RSUD Encek Maryam sudah dilengkapi mobil ambulans, seperti Puskesmas Pancur, Puskesmas Daik serta Lingga Timur.

"Di Resang itu bukan tidak disediakan ambulans, tapi karena kami terbatasnya anggaran," ucapnya.

Namun, lanjut Zainal pihaknya juga sudah mengusulkan penyediaan ambulans untuk Puskesmas Resang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk tahun 2019. "Semoga nantinya terealisasi," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews