Progres Perbaikan Drainase Simpang Kabil Sudah 31 Persen

Progres Perbaikan Drainase Simpang Kabil Sudah 31 Persen

Simpang Kabil (Simpang traffict light di depan Kepri mall) yang akan dibangun flyover (Foto: Yogi/Batamnews)

Batam - Progres pembangunan drainase Simpang Kabil, Batam sudah masuk 31 persen. Pencapaian ini melebihi target yang dibuat kontraktor, Selasa (9/10/2018).

Pantauan Batamnews.co.id, terlihat beberapa tahap sudah berjalan. Seperti penggalian jalan untuk memasang gorong-gorong di beberapa sisi.

Pengerjaan penggalian jalan memang dilakukan bertahap agar tidak menciptakan kemacetan jalan. Apalagi simpang ini merupakan jantung persimpangan Kota Batam yang padat.

Koordinator Lapangan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Dafitri mengatakan, progres saat ini sudah 31 persen lebih cepat sekitar 16 persen dari target awal.
"Hal itu terjadi karena kita selalu nge push (dorong) pekerja agar lebih cepat dalam pengerjaan," katanya.

Apalagi lanjut Dafitri, beberapa minggu belakangan cuaca cerah sehingga memang dimanfaatkan dengan baik.

"Kalau cuaca seperti kemaren (cerah), itu harus kita manfaatkan betul, bahkan saya minta mereka ada yang kerja lembur malam," ujarnya kepada Batamnews.co.id.

Ia mengatakan, selain upaya itu progres baik ini tercapai akibat kerjasama yang bagus dengan pihak terkait terutama kepolisian lalu lintas.

"Ini juga karena kerjasama yang baik dengan polisi, sehingga macet bisa diatasi yang akan membuat pekerjaan melambat," katanya.

Ia mengatakan, sesuai kontrak pekerjaan perbaikan drainase langkah awal pembangunan flyover ini akan selesai tanggal 24 Desember. "Kalau prediksi sekarang kita belum bisa kita prediksi siap kapan, tetapi yang jelas akan kita lakukan lebih cepat lebih baik," katanya.

Dafitri juga mengatakan, pengerjaan tidak hanya memasang gorong-gorong tetapi juga ada pekerjaan kecil lainnya seperti perbaikan taman bagian median jalan.

"Yang kita khawatirkan karena ini pekerjaan akhir tahun terhambat karena sering hujan," katanya.

Dafitri juga sudah mengatasi keluhan masyarakat terkait debu yang diakibatkan pekerjaan. "Kita sudah siapkan teng air untuk menyiram jalan, satu kali setiap dua jam," katanya.

Ditempat terpisah, Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol I Putu Bayu Pati mengatakan, lalu lintas berlangsung lancar pasalnya rekayasa sudah dipersiapkan dengan baik.

"Arus lalu lintas, lancar seperti biasa, kita gunakan rekayasa seperti persiapan beberapa waktu lalu," katanya.

Pantauan Batamnews.co.id, terlihat jalan menuju simpang kabil dari Batam Center ditutup. Pengendara harus melintas melalui jalur lambat yang keluar di jalan simpang Kabil hendak menuju bandara.

Pengalihan arus tersebut merupakan tahap ketiga. Awalnya penggalian sudah dilakukan disisi jalan yang lain.

Terlihat baik pagi maupun siang arus lalu lintas seperti biasa. Belum ada kemacetan yang cukup parah. Namun akibat hujan beberapa jalan bekas galian terlihat becek.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews