Hati-hati! Terlalu Banyak Informasi Negatif Bahaya Buat Jantung

Hati-hati! Terlalu Banyak Informasi Negatif Bahaya Buat Jantung

Ilustrasi

Jakarta - Hati-hati memilah informasi ditengah gencarnya bermedia sosial. Dokter jantung menyebut, stres memikirkan informasi negatif bisa meningkatkan tekanan darah dan bisa berakibat fatal.

"Nggak secara langsung yah, kalo stres dan banyak pikiran kan nyerangnya ke otak. Nah di otak ada hormon yang simpatis alias hormon adrenaline. Hormon itulah yang akan meningkat," jelas ahli jantung, dr Yudistira Panji Sentosa, SpPd-KKV, Selasa (2/10/2018).

"Nah itu yang bikin denyut jantungnya cepat akhirnya pembuluh darah kita mengerucut kemudian mengecil dan tensi kita bisa naik," tambahnya.

Ketika seseorang mengalami stres, tekanan darah serta denyut jantung cenderung meningkat. Jika berlarut-larut, jantung akan kelelahan dan terganggu fungsinya.

"Lama-lama jantung capek kalo stres, stres dan stres. Kemudian jika ditambah dengan darah tinggi dan juga gejala kolesterol itu semakin bahaya," jelas dr Yudis.

Peningkatan risiko makin besar jika seseorang punya riwayat gangguan kolesterol. Dampaknya akan menyerang pembuluh darah koroner yang menuju jantung dan berisiko memicu serangan jantung.

(pkd)