Tanaman Ini Mampu Hancurkan Kista Endometriosis

Tanaman Ini Mampu Hancurkan Kista Endometriosis

ilustrasi (Foto: hallosehat.com)

KISTA endometriosis menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi wanita. Tidak sedikit wanita berusia produktif yang didiagnosis penyakit ini. Selain cenderung sulit untuk hamil, endometriosis berisiko mengalami infertilisasi.

Kista endometriosis merupakan salah satu penyakit yang sangat menakutkan bagi kaum wanita, sehingga pasti akan selalu dicegah oleh para wanita agar tidak terjangkit. Penyakit ini semacam kista atau jaringan yang seharusnya ada di dalam rahim wanita, tetapi malah tumbuh di tempat lain, seperti ovarium dan saluran indung telur.

Namun begitu, bukan berarti endometriosis ini tidak dapat disembuhkan. Ada banyak wanita hamil yang menderita kista endometriosis, di mana mereka menjalani terapi hormon dan pengobatan secara alami. Dan hasilnya kista bisa menghilang. Berikut beberapa tanaman herbal untuk obat kista endometriosis yang wajib Anda ketahui.

1. Tomat

Tomat memiliki kandungan zat antioksidan dalam bentuk likopen. Zat likopen sendiri dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mengatasi penyakit kista endometriosis.

2. Selada

Mungkin anda sering menemukan sayuran hijau satu ini sebagai lalapan. Dan faktanya sayuran selada memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya memerangi penyakit kista endometriosis.

3. Kacang kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang almond atau kacang hazelnut baik dikonsumsi oleh penderita kista endometriosis. Karena kandungan zat dalam kacang-kacangan mampu mengontrol resistensi insulin di dalam tubuh, sehingga perkembangan sel-sel kista bisa terkendali.

4. Kayu manis

Rempah dapur satu ini pula dapat dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan kista endometriosis. Untuk memanfaatkannya, anda bisa merebus bubuk kayu manis sampai mendidih. Setelah itu saring dan tambahkan sedikit madu, konsumsi selagi hangat.

5. Rumput mutiara

Rumput mutiara dikenal sebagai tanaman yang baik untuk mengatasi kista endometriosis. Dimana senyawa asam uleanolat dan asam ursolat di dalamnya dapat menghambat perkembangan sel-sel abnormal, seperti kista, tumor dan juga kanker.

6. Daun sambiloto

Keberadaan daun satu ini cukup mudah di temukan di Indonesia. Selain itu, daun ini mengandung zat andrografolida yang ampuh dalam menghambat pembelahan sel-sel abnormal, termasuk kista dan kanker. Untuk pemanfaatannya, anda bisa mengkombinasikannya dengan kunyit.

7. Daun dewa

Daun dewa memiliki kandungan yang sangat beragam, seperti flavonoid, polifenol, saponin dan tanin yang baik untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya kista endometriosis.

Adapun cara membuatnya:

- Sediakan 5 lembar daun dewa
- Masukkan daun dewa ke dalam panci dan tambahkan 15 gram temu putih
- Rebus hingga mendidih
- Tuang ke dalam gelas secukupnya
- Saring, lalu anda bisa mengkonsumsinya

Itulah 7 tanaman yang bisa hancurkan kista endometriosis yang bisa anda coba lakukan di rumah. Namun ingat, jika dikonsumsi secara berlebihan juga akan memicu bahaya penyakit lain yang lebih serius.

(aiy)