Kanker Paru Stadium 4B, Sutopo Tetap Giat Sebarkan Info Pasca Gempa Palu

Kanker Paru Stadium 4B, Sutopo Tetap Giat Sebarkan Info Pasca Gempa Palu

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

Jakarta - Pasca gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, ponsel Sutopo Purwo Nugroho terus berbunyi. Banyak pesan dan telepon masuk untuk menanyakan kondisi di sana.

Bukan cuma media, pihak kementerian dan staf kedutaan juga menghubunginya selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sutopo adalah orang yang tepat guna dimintai informasi terbaru mengenai kondisi pasca gempa dan tsunami Palu.

Selain instansi, banyak masyarakat yang menghubunginya langsung untuk mencari tahu keberadaan orangtua, anak, saudara, teman yang belum dapat dihubungi. Bahkan, orang asing juga menanyakan informasi terbaru lewat pesan WhatsApp atau telepon.

"Saya harus melayani dan menjelaskan semuanya. Harus sabar, telaten dan membesarkan hati masyarakat yang kehilangan saudaranya. Komunikasi memang lumpuh. Saya sendiri kesulitan mencari data," kata Sutopo dalam pesan teks yang diterima media ditulis Senin, (1/10/2018).

Ia pun meminta maaf kepada rekan-rekan media karena tidak bisa melayani wawancara satu per satu. Namun, ia berjanji terus melakukan update informasi lewat WhatsApp Group dan konferensi pers. Selain itu, ia juga terus memperbaharui informasi lewat media sosial Twitter @Sutopo_PN.

Upaya Sutopo mencari data pasca gempa serta menyebarkan informasi, dilakukannya semaksimal mungkin walau kini dirinya tengah berjuang melawan kanker paru stadium 4B.

"Namun, mohon maaf kondisi fisik saya tidak bisa ditipu. Sakit kanker paru-paru stadium 4B yang telah menyebar di beberapa bagian tubuh menyebabkan saya lemah. Rasa sakit yang mendera juga menyebabkan sulit untuk tidur nyenyak," katanya. 

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews