Usai Bali, Giliran Lampung Diguncang Gempa 5,5 SR

Usai Bali, Giliran Lampung Diguncang Gempa 5,5 SR

Ilustrasi

Batam - Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Indonesia. Setelah Bali, gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) terjadi di Lampung Barat, Kamis (23/8/2018) sekitar pukul 10.44 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan pusat gempa terletak di posisi Lintang : 6.51 LS - Bujur : 103.44 BT  atau tepatnya 156 kilometer barat daya pesisir barat Lampung dengan kedalaman 10 kilometer.

Sementara posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengonfirmasi gempa dirasakan sedang hingga keras oleh masyarakat di Pesisir Barat Lampung dan Lampung Barat selama 2-4 detik.

"Sebagian masyarakat merespon keluar rumah dan gedung dan gempa tidak berpotensi tsunami," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Sutopo menambahkan tiidak ada laporan korban jiwa dan kerusakan berat dari bangunan. Aktivitas masyarakat telah kembali normal.

Sumber gempa berasal dari zona subduksi pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia. Berasarkan analisis peta  gempa dirasakan, di wilayah Kabupaten Pesisir Barat Lampung dan Lampung Barat memiliki intensitas gempa dirasakan III-IV MMI (ringan) alias tidak membahayakan konstruksi bangunan.

(dod)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews