Untuk Penderita Asam Urat, Lebih Bagus Kol Hijau atau Ungu?

Untuk Penderita Asam Urat, Lebih Bagus Kol Hijau atau Ungu?

Kol ungu VS kol hijau (foto: alodokter.com)

KUBIS atau kol jadi sayuran yang tidak asing lagi di telinga kita. Kita bisa menemukannya di hampir setiap pedagang sayur. Tapi kadang ada beberapa orang yang pantang memakan sayuran ini, terutama penderita maag.

Sayuran yang satu ini juga ada beberapa jenis, yaitu kubis hijau dan ungu. Lantas jika Anda mempunyai penyakit asam urat bolehkah memakan sayur yang satu ini? Jika boleh, mana yang lebih baik. Yang hijau atau ungu?

Satu cangkir sayuran ini dapat memberi Anda empat persen dari delapan vitamin dan mineral. Dan kubis hijau menjadi varian yang lebih populer, sementara yang ungu lebih disukai oleh para ahli. Inilah alasannya.

1. Lebih Banyak Vitamin A

Makan kubis ungu bisa memberi Anda 10 kali lebih banyak vitamin A daripada kubis hijau. Satu cangkir kubis ungu cincang memberikan 33 persen vitamin A RDA, sementara yang hijau hanya 3 persen. Keduanya memiliki vitamin A dalam bentuk beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein. Bentuk-bentuk vitamin A ini dapat memberi Anda manfaat sebagai berikut: Menjaga penglihatan, Menjaga kulit yang sehat, Memiliki sistem kekebalan yang kuat, Melawan stres oksidatif di mata

2. Lebih Banyak Vitamin C

Kandungan vitamin C kubis ungu lebih besar daripada kubis hijau. Secangkir kubis ungu cincang dapat memberi Anda 51 mg vitamin C, sementara kubis hijau hanya memiliki 37 mg. Vitamin ini penting untuk kesehatan Anda karena bertindak seperti antioksidan dalam tubuh, untuk mencegah kerusakan oksidasi. Vitamin C juga membantu dalam produksi kolagen, sehingga penyembuhan luka lebih cepat dan kulit Anda lebih kuat.

3. Lebih Banyak Zat Besi

Kubis ungu memiliki lebih banyak zat besi dari kubis hijau dengan 0,7 mg vs 0,4 mg. Zat besi merupakan bagian penting dari mioglobin, yang merupakan protein yang menjaga oksigen di kedua otot dan jantung skeletal. Ada juga enzim dan protein yang bergantung pada besi untuk mensintesis DNA dan menghasilkan energi. Tubuh Anda juga dapat melawan virus lebih baik jika ada cukup zat besi dalam tubuh Anda.

4. Bisa Melawan Lebih Banyak Penyakit

Kubis hijau dan varian lainnya dapat membuat Anda lebih sehat karena kekayaan nutrisinya. Namun, kubis ungu memiliki lebih banyak antioksidan dan dapat memberi Anda lebih banyak perlindungan terhadap peradangan.

Ini adalah makanan yang sempurna untuk penderita radang sendi, nyeri sendi, dan asam urat. Kubis ungu bahkan dapat memberi Anda lebih banyak manfaat dan yang paling penting adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko kanker tertentu, seperti: Payudara, Hati, Paru-paru, Indung telur, dan Usus besar.

Kubis ungu juga digunakan untuk kesehatan saluran pencernaan, jadi Anda tidak mengalami masalah seperti:

- Sindrom iritasi usus (IBS)
- Penyakit Chron
- Tukak lambung
- Diverticulitis

Kubis ungu juga lebih efektif dalam mengobati alergi. Jika Anda perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pilek, demam, dan flu, pilih kubis ungu daripada kubis hijau. Anda bahkan dapat membuat jus ini karena rasanya yang kaya.

Konsumsi tiga hingga empat daun kubis dan tambahkan dua jeruk dan campurkan bahan-bahannya untuk memperkuat rasa. Jika Anda seorang penderita diabetes, gunakan dua apel hijau sebagai ganti jeruk.

(aiy)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews