Pameran Batu Akik KPBI di Batam

Wagub Kepri Soerya Respationo: Batu Akik Mempersatukan Kita

Wagub Kepri Soerya Respationo: Batu Akik Mempersatukan Kita

Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo dan pengurus KPBI di Nagoya City Walk, Batam. (foto: iskandar)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo meresmikan kepengurusan Komunitas Pecinta Batu Indonesia (KPBI) sekaligus membuka pameran dan kontes batu akik di Nagoya City Walk, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (7/5/2015).

Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo di pembuka pameran melantik kepengurusan KPBI yang diketuai oleh AKP Haris Lambey. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan lelang batu akik.

Soerya mengatakan, komunitas pecinta batu akik saat ini telah menjamur dimana-mana tanpa memandang profesi, suku maupun parpol. "Komunitas batu ini lintas profesi, lintas parpol maupun suku dan membuat semuanya menjadi satu," kata Soerya.

Soerya mengatakan, pameran seperti ini juga sangat bermanfaat untuk memperkenalkan batu-batu yang ada di wilayah Kepulauan Riau, karena di Kepri sendiri sudah memiliki batu akik khasnya sendiri, seperti Batam, Natuna, Dabo dan Karimun.

Soerya meminta, selain untuk menyalurkan hobi, hendaknya komunitas seperti ini bisa meningkatkan perekonomian yang ada di Kepri.

"Dulu mau beli batu akik seharga 50 ribu mikirnya panjang, dan orang ngak perduli, kalau sekarang batu akik diburu orang, bahkan dengan harga jutaan rupiah," katanya.

Batu yang dulunya tidak memiliki nilai ekonomis, kini telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan. "Semua punya batu sendiri dengan kekhasan masing-masing. Alternatif baru untuk perekonomian," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua KPBI AKP Haris Lambey mengatakan, pameran di Nagoya City Walk diikuti oleh stand dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Makassar, Jambi, Pekanbaru, Dumai, Padang, Bengkulu dan seluruh daerah di Kepulauan Riau.

Haris menuturkan, untuk hadiah utama akan disediakan sepeda motor, piagam dan uang tunai. Selain pameran batu akik juga akan dimeriahkan dengan acara fashion show dan lomba mewarnai.

"Setiap hari selama event kita akan mengadakan lelang batu, untuk kelas-kelas batu yang diperlombakan yakni Bacan (Pro dan Semi Pro), Calcedony (Red, Yellow, Green, Blue dan Purple), Sungai Dareh, Lumut, Panca Warna, dan Unik Antik," tambah pria ini.

Hari pertama pameran batu akik yang digelar hingga Minggu (10/5/2015) mendatang itu dipadati para pecinta batu akik di Batam dan Kepri.

(isk)

Komentar Via Facebook :