Peningkatan Insfrastruktur Internet dan Intranet

Pemkab Bintan Jalin Kerjasama dengan PT ICON+

Pemkab Bintan Jalin Kerjasama dengan PT ICON+

Wabup Bintan, Dalmasri menyerahkan dokumen MoU kepada Dirut PT ICON+, Hikmat Drajat. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Pemkab Bintan menjalin kerjasama dengan PT PT. Indonesia Comnet Plus (ICON+) untuk peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur internet dan intranet dalam mendukung pelayanan publik di Kabupaten Bintan.

Kerjasama itu direalisasikan dengan penyerahan dokumen Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan secara langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bintan, Dalmasri Syam dan Direktur Utama PT ICON+, Hikmat Drajat di Ruang Rapat Kantor PT ICON+, Kawasan PLN Cawang, Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 1 Cililitan, Jakarta Timur, Jumat (21/9/2018).

Direktur Utama PT. ICON+, Hikmat Drajat memaparkan beberapa keunggulan produk yang mereka miliki yang nantinya digunakan di Bintan.

"PT ICON+ merupakan entitas anak PT PLN (Persero) yang difocuskan untuk melayani kebutuhan PT PLN terhadap jaringan telekomunikasi," ujarnya.

Seiring kebutuhan industri terhadap jaringan telekomunikasi, kata Hikmat, ICON+ mengembangkan usaha dengan menyalurkan kelebihan kapasitas jaringan telekomunikasi.

Kelebihan kapasitas jaringan tersebut digunakan untuk menyuplai kebutuhan industri. Dalam hal ini kawasan-kawasan yang sulit dijangkau oleh jaringan lainnya, dengan spesifikasi jaringan yang sama.

Tentunya menggunakan Fiber Optic dan yang membuat beda jaringan ICON+ langsung di gandeng dengan jaringan PLN.

"Bisa dilihat langsung letak kabel tersebut ada paling atas jaringan PLN," jelasnya.

Hampir seluruh kawasan di Pulau Bintan terpasang jaringan ICON+. Tujuannya agar segala bentuk pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jaringan internet dapat segera berjalan.

"Dalam memenuhi kebutuhan jaringan telekomunikasi di Pulau Bintan, kita pasang seluruh kawasan," sebutnya.

Wabup Bintan, Dalmasri Syam mengaku Bintan sebagai daerah dengan wilayah laut yang begitu luas dan jangkauan setiap wilayahnya cukup jauh. Sehingga sangat membutuhkan layanan yang dapat memberikan akses cepat hingga menjangkau seluruh wilayah.

"Dengan begitu bisa memudahkan layanan kepada masyarakat," katanya.

Dilihat dari pemaparan PT ICON+, kata Dalmasri, mereka dapat memberikan apa yang dibutuhkan daerah ini. Seperti jangkauan akses cepat disetiap wilayah. Karena selama ini kendala yang dihadapi pemerintah adalah tidak adanya ketersediaan jaringan internet di beberapa wilayah-wilayah kerja.

"Hal ini berarti jelas memberikan solusi yang selama ini menjadi hambatan kita dalam menjalankan sistem pemerintahan berbasis e-Goverment terkait jaringan," ucapnya.

Kedepan seluruh instansi di Pemkab Bintan akan menerapkan sistem E-Goverment yang dalam hal itu membutuhkan jaringan yang cepat dan menjangkau ke seluruh kawasan.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews