Miris! Kondisi Rumah Warga di Lingga Ini Tak Layak Huni

Miris! Kondisi Rumah Warga di Lingga Ini Tak Layak Huni

Rumah yang didiami satu keluarga di Dusun II Pulau Baru, Desa Pulau Bukit yang sangat memperihatinkan (Foto:Ist)

Lingga - Meskipun Indonesia telah merdeka selama 73 tahun, namun masyarakatnya belum semua merasakan kesejahteraan, termasuk di Kabupaten Lingga.

Seperti yang dialami warga Dusun II Pulau Baru, Desa Pulau Bukit, Kecamatan Senayang ini contohnya. Keluarga yang diketahui bernama Bontek dan Jati harus mendiami rumah yang sangat tidak layak untuk dihuni.

Kondisi rumah yang kecil, berdindingkan atap daun rumbia, lantai yang jarang serta berlobang ini, menjadi tempat peristirahatan mereka sekeluarga untuk melepas lelah setelah aktivitas keseharian.

Kondisi dalam rumah Bontek warga Pulau Baru, Desa Pulau Bukit yang sangat memprihatinkan (Foto:Ist)

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Senayang, Amrullah mengatakan terkait permasalahan tersebut, pihaknya sudah menyarankan kepada desa bersangkutan untuk segera diatasi.

"Setelah kami lakukan koordinasi, katanya penduduk seperti itu akan diusulkan RTLH," kata dia ketika dihubungi Batamnews.co.id, Rabu (12/9/2018).

Dia mengaku, kondisi rumah warga tersebut memang sangat memprihatinkan, bahkan ia menilai sangat jauh dari kata layak. Namun, mereka dari pemerintah kecamatan tidak mampu berbuat banyak.

"Secara pribadi kami sangat prihatin. Namun apa daya kemampuan kecamatan terbatas. Desa lah yang bisa berbuat banyak terhadap warganya, karena bantuan rumah sekarang dari atas langsung ke desa, kecamatan cuma dapat kabar saja," ujar Amrullah.

Informasi yang diperoleh Batamnews.co.id, keseharian keluarga yang rumahnya berdiri di bibir pantai itu merupakan seorang nelayan. Mereka menggantungkan hidup dari hasil laut.

Sementara itu, Kepala Desa Pulau Bukit ketika dikonfirmasi belum bisa memberikan jawabannya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews