Upacara Hari Jadi ke-73 TNI AL di Makolantamal IV

Danlantamal IV Akui TNI AL Hadapi Tantangan Multidimensional

Danlantamal IV Akui TNI AL Hadapi Tantangan Multidimensional

Danlantamal IV menjadi inspektur upacara hari jadi TNI AL di Makolantamal IV, Senin (10/9/2018). (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno menginspekturi upacara peringatan hari jadi ke-73 TNI AL di Makolantamal IV, Senin (10/9/2018).

Eko menyebut 10 September 1945 merupakan tonggak sejarah TNI AL.

"Perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis dewasa ini, memilki implikasi yang cukup signifikan dalam penyelenggaraan pertahanan Negara," katanya.

Kecenderungan lingkungan strategis semakin sulit diprediksi. Dinamika yang perlu dicermati dalam lima tahun ke depa diantaranya pertumbuhan ekonomi yang berimplikasi pada perkembangan kekuatan militer khususnya di kawasan Asia Pasifik. 

"Dinamika ini sangat mempengaruhi pola dan bentuk ancaman yang semakin kompleks dan mulitidimensional, berupa ancaman militer, ancaman non militer dan ancaman hibrida yang dapat dikategorikan dalam bentuk ancaman nyata dan belum nyata. Tanpa TNI Angkatan Laut yang professional dan didukung Alutsista modern merupakan keniscayaan untuk menghadapi dinamika ancaman tersebut," jelasnya.

Dalam upacara tersebut Danlantamal IV juga menyematkan dan memberikan piagam tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan 8, 16 dan 24 tahun kepada tiga orang perwakilan personel dari Lantamal IV berpakangkat Tamtama dan Bintara.

Sebelumnya, Eko memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bakti Tanjungpinang. 

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews