9 Makanan Ini Cocok Untuk Dimakan Saat Alami Diare

9 Makanan Ini Cocok Untuk Dimakan Saat Alami Diare

Ilustrasi

Jakarta - Diare adalah penyakit yang ditandai dengan buang air besar yang lembek atau cair, atau perlu bolak-balik ke toilet. Diare bisa terjadi pada siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak. Jika kamu sedang terserang diare, maka perlu berhati-hati dalam memilih makanan.

Diare disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau parasit, alergi makanan atau intoleransi makanan. Untuk itu Anda harus pandai-pandai memilih makanan yang baik dan mudah dicerna. Dilansir dari Boldsky (06/09) 9 makanan ini cocok untuk dimakan saat mengalami diare.

1. Pisang

Buah bekulit kuning ini sangat pas dimakan saat sakit perut karena mudah dicerna oleh tubuh. Kandungan pectin atau serat larut yang terdapat pada pisang dapat membantu menyerap cairan di usus. Dengan demikian dapat melancarkan lintasan fases.

Memakan pisang juga bisa membantu memperlambat diare dan mengurangi konstipasi pada saat yang bersamaan. Tingginya kandungan potasium pada pisang dipercaya dapat mengganti elektrolit dalam tubuh yang hilang ketika Anda mengalami diare.

2. Nasi

Makanan pokok ini juga sangat mudah dicerna , oleh sebab itu dirasa baik dikonsumsi saat terjadi diare. Tingginya karbohidrat pada nasi putih berfungsi sebagai pengganti energi hilang saat diare.

Selain itu, nasi juga dapat mengurangi jumlah tinja dan meningkakan rehidrasi selama diare. Jangan sekali-kali mengganti nasi putih dengan nasi merah, karena hal tersebut akan membuat diare menjadi memburuk.

3. Apel

Ketika terjadi diare, cobalah juga untuk memakan buah apel, karena kandungan serat larut pada apel berperan menyerap kelebihan cairan di usus. Oleh sebab itu membuat fases pun berbentuk dan mengeras.

4. Roti Putih

Roti putih yang dipanggang juga ampuh mengatasi diare, karena roti putih memiliki jumlah serat yang sangat sedikit sehingga mudah dicerna. Hal tersebut akan membuat perut Anda tenang.

Kandungan karbohidrat di dalamnya berfungsi sebagai agen pengikat sehingga fases mudah terbentuk. Selain dipanggang, roti putih juga bisa jadi menu sarapan Anda dengan cara dicampurkan mentega, madu, atau selai.

5. Mashed Potato

Mashed potato atau kentang tumbuk termasuk makanan yang baik untuk dimakan saat mengalami diare. Ketika diare biasanya energi melemah, oleh karena itu mashed potato bisa meningkatkan energi melalui kandungan karbohidrat di dalamnya.

Selain karbohidrat, kentang juga kaya akan potasium yang berperan untuk mengganti elektrolit yang hilang dalam tubuh. Cara terbaik mengolah kentang ialah dengan mengukus atau merebusnya dan menambahkan sedikit garam.

Hindari menggunakan bumbu atau minyak apa pun, karena hal tersebut akan justru membuat lambung teriritasi yang kemudian menyebabkan kram.

6. Yogurt

Produk susu biasanya sangat dihindari ketika mengalami diare. Tetapi produk susu yang satu ini justru bisa mengatasi sakit diare. Yogurt dikenal sebagai susu yang difermentasi dan mengandung bakteri sehat yang baik untuk usus.

Bakteri tersebut ialah Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum. Yogurt memiliki kemampuan untuk mengembaikan bakteri menguntungkan yang mengalir keluar tubuh saat diare. Disarankan untuk mengkonsumsi yogurt yang polos tanpa tambahan rasa apa pun.

7. Ayam tanpa Lemak

Pilihlah ayam dengan daging berwarna putih tanpa kulit untuk mendapatkan nutrisi seperti protein yang baik. Saat mengolahnya hindari penggunaan minyak atau mentega.

Kaldu ayam yang didapatkan dari memasak ayam juga memiliki manfaat, karena mengandung nutrisi dan elektrolit penting yang dapat membantu mengganti nutrisi yang hilang dan menenagkan perut ketika mengalami diare.

8. Oatmeal

Oatmeal juga mengandung serat larut yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi sakit diare. Serat larut tersebut bekerja sebagai agen bulking untuk pinggang Anda ketika mengamali diare.

Anda bisa kombinasikan oatmeal dengan tambahan pisang, tetapi jangan coba-coba untuk menambahkan susu, gula dan madu, karena hal tersebut hanya membuat kondisi diare menjadi lebih buruk.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews