Jokowi Dijadwalkan ke Lingga Bangun Museum Timah di Singkep

Jokowi Dijadwalkan ke Lingga Bangun Museum Timah di Singkep

Pembongkaran Implasemen timah Dabo Singkep untuk pembangunan Museum Timah (Foto:Ist)

Lingga - Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan hadir ke Kabupaten Lingga, tepatnya di Dabo, Kecamatan Singkep, akhir September ini. Sejumlah agenda akan dijalankan Jokowi di Pulau eks tambang timah tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga, Said Nursyahdu mengatakan, salah satu agenda Jokowi di Dabo Singkep yakni, peletakan batu pertama pembangunan Museum Timah.

"Kami sudah melakukan pembongkaran implasemen timah Dabo. Rencananya lokasi ini akan dibangun Museum Timah dan dijadikan kawasan Singkep Bisnis Center. Kalau tidak berhalangan, Presiden akan meletakkan batu pertama pembangunan museum dan tugu timah ini," kata dia kepada Batamnews.co.id, Senin (10/9/2018).

Dia melanjutkan, rencana pembangunan museum ini akan dibiayai oleh PT. Timah Tbk. Sedangkan tugu timah menggunakan dana APBD Lingga tahun 2019.

“Semula kami cuma ada paket proyek jalan di lokasi. Jalan lingkar dan porosnya, masing-masing dua ruas. tapi karena presiden mau datang, hampir 80 persen gedung lama implasmen kami bongkar,” ujarnya.

Diketahui, pembongkaran implasemen timah tersebut, rencananya dilakukan sekitar dua minggu dan sisa pembongkaran, seperti besi dan lainnya yang masih utuh akan disimpan sebagai aset. Ada 10 bangunan bekas lokasi pengolahan timah ini akan dibongkar.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews