Tiga Pelajar Lingga Berkesempatan Kuliah di Taiwan, Satu Orang Anak Suku Laut

Tiga Pelajar Lingga Berkesempatan Kuliah di Taiwan, Satu Orang Anak Suku Laut

Kepala Baznas Lingga, Isnin bersama tiga orang pelajar dari Kecamatan Senayang yang berkesempatan kuliah di Taiwan dan salah satunya yakni anak suku laut (paling kanan) (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Tiga orang pelajar dari Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, memiliki kesempatan untuk melanjutkan kuliah program sarjana di salah satu universitas di China Taipei (Taiwan).

Rencananya, jika mereka lulus tes kesehatan di Jakarta hari ini, mereka akan diterbangkan ke Taiwan, Minggu (9/9/2018) mendatang.

Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lingga, Isnin mengatakan, tiga pelajar tersebut merupakan anak dari keluarga kurang mampu. Bahkan, satu orang diantaranya merupakan anak suku laut asli.

"Kami dari Basnaz Kabupaten Lingga membantu untuk transportasi dalam daerah siswa tidak mampu ini, termasuk pembuatan paspor. Kemudian dana sharing dari provinsi. Nanti di Taiwan, mereka kuliah sambil kerja. Kerjanya sudah disiapkan. Besaran gajinya kira-kira sekitar Rp7 jutaan lah," kata dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (31/8/2018).

Isnin menjelaskan, untuk biaya tiga pelajar tersebut berangkat dari Indonesia ke Taiwan, dikoordinir melalui kerjasama Baznas pusat, provinsi dan Kabupaten Lingga untuk dijamin oleh Yayasan Bakti Jaya Indonesia.

"Dipilihnya Taiwan sebagai tempat tujuan anak-anak ini karena itu merupakan kerjasama pihak Yayasan Bakti Jaya dengan Baznas pusat. Mereka bertiga itu lulus seleksi tingkat provinsi," ujarnya.

Dia berharap, ketiga pelajar tersebut dapat memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Jika sudah lulus nantinya, dapat mengabdi untuk Indonesia, khususnya Kabupaten Lingga.

"Tiga yang lolos itu, untuk anak suku laut namanya Ravi. Dia ini anak suku laut Akat, Pulau Kentar. Kemudian ada Sukri dan Bambang Iswanto yang juga merupakan keluarga kurang mampu," ucapnya.

Kabarnya, ketiga pelajar itu nantinya akan menempuh pendidikan di Vuanpei University pada jurusan Biomedical Engineering.

(rwn)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews