Musim haji 2018

Sebanyak 445 Jemaah Haji Kepri Pulang dengan Selamat dari Tanah Suci

Sebanyak 445 Jemaah Haji Kepri Pulang dengan Selamat dari Tanah Suci

Para jemaah haji asal Kepri akhirnya selamat sampai ke tanah air dari menunaikan haji di tanah suci, Senin (28/8/2018) dini hari. (Foto:

Batam - Jemaah haji kloter 01 BTH sudah sampai di Batam dini hari tadi, Selasa (28/8/2018). Mereka berisikan pada jemaah dari Kepri. Total 445 jemaah Kepri yang berasal dari Tanjungpinang, Natuna, Lingga, Anambas dan Batam semuanya pulang dengan kondisi sehat.

Sementara itu, dari provinsi lainnya yang berangkat lewat Embarkasi Batam sebanyak 13 orang meninggal saat menunaikan haji di tanah suci. 

"Dalam rencana kepulangan ke daerah jemaah asal Tanjungpinang dan Batam langsung pulang, sementara Natuna, Lingga dan Anambas menginap semalam di Asrama Haji," kata Wakil Sekretaris IV Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Syahbudi.

Seluruh jemaah kloter 1 kembali dengan selamat. Terlihat beberapa keluarga sudah menunggu di Asrama Haji, Batam Center. 

Jemaah berangkat dari Jeddah Senin (27/8) pukul 14.15 waktu setempat dan  tiba di Bandara Hang Nadim Batam Selasa (28/8) pukul 03.15 dinihari.

Syahbudi mengatakan, total jumlah jemaah yang meninggal sampai 13 orang. "Data terakhir 10 orang, tambah lagi tiga orang yaitu jemaah berasal dari Jambi dan Riau," katanya.

Penyambutan jemaah berlangsung lancar. Ketua PPIH Debarkasi Haji Batam Mukhlisuddin, meminta agar proses penyambutan tidak terlalu lama, karena jamaah sudah merasa letih, sambut jamaah dengan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun).

"Tingkatkan keamanan agar jamaah merasa nyaman terutama dalam pengambilan barang-barang bawaan dan penyerahan air zam-zam," ujarnya.

Untuk jadwal kedatangan jamaah dari Arab Saudi sesuai dengan rencana, hanya kedatangan jemaah kloter 5 yang mengalami perubahan yakni pukul 00.20 WIB menjadi 00.40 WIB.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews