ISIS Rilis Rekaman Suara Baru Pemimpinnya

ISIS Rilis Rekaman Suara Baru Pemimpinnya

Abu Bakr al-Baghdadi memproklamirkan "kekhalifahan" ISIS di masjid Mosul al-Nuri pada bulan Juli 2014.

Turki - Hampir setahun tak terdengar, Kelompok Negara Islam (ISIS) merilis rekaman suara baru pemimpinnya, Abu Bakr al-Baghdadi.

Ini merupakan rekaman suara pertama yang dirilis, sejak September tahun lalu. Dalam rekaman tersebut, terdengar suara yang menyapa para pendukung kelompok ISIS.

Meski tidak diketahui pasti tanggal pembuatan rekaman suara itu, namun tampaknya merujuk pada peristiwa yang terjadi baru-baru ini, antara lain penahanan seorang pendeta AS di Turki.

Anak pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi yang berusia 18 tahun 'tewas dalam perang di Suriah'.

Tahun lalu kelompok milisi itu dipaksa keluar dari bekas markasnya di kota Raqqa dan Mosul, tempat Baghdadi mengumumkan pembentukan "kekhalifahan" kelompok itu pada tahun 2014.

"Bagi Mujahidin (para pejuang suci) skala kemenangan atau kekalahan tidak tergantung pada kota yang direbut atau takluk pada siapa yang memiliki superioritas udara, rudal antar benua atau bom pintar," katanya dikutip Reuters berdasarkan rekaman suara terbaru itu.

Pemerintah AS menawarkan imbalan sebesar US$25 juta (atau Rp365 miliar) bagi siapa saja yang menemukan keberadaan Baghdadi dan ia beberapa kali dilaporkan tewas atau terluka dalam sejumlah insiden.

Awal tahun ini, dilaporkan media kelompok ISIS, putranya dilaporkan tewas dalam sebuah "operasi komando" di provinsi Homs Suriah.

Sementara itu, laporan PBB awal bulan ini memperingatkan ada sekitar 20.000 sampai 30.000 milisi ISIS yang masih berada di kedua negara tersebut.

(*)


 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews