https://www.batamnews.co.id

Lomba 17 Agustusan Napi di Rutan Tanjungpinang Hilangkan Stres

Kegiatan perlombaa di Rutan kelas I Tanjungpinang. (Foto: RRI)

Tanjungpinang - Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-73 RI, Rutan Tanjungpinang menggelar berbagai perlombaan olahraga dan bernyanyi.

Kepala Rutan Tanjungpinang Rony Widiatmoko mengatakan, tujuan pelaksaan berbagai kegiatan perlombaan itu dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara pegawai dengan para narapidana. 

Selain itu hal ini juga untuk menghilangkan stres bagi warga binaan yang selama ini menjalani masa tahanan.

“Keluarga besar Rutan itu tak hanya pengawai saja, melainkan para narapidana itu juga keluarga kami,“ kata Kepala Rutan Tanjungpinang Rony Widiatmoko, Senin (13/8/2018).

Selain itu, lanjutnya, para narapidana merupakan warga masyarakat yang 

mungkin dalam kehidupan sosial melakukan pelanggaran. Mereka harus rela berpisah dengan pihak keluarga, disitu lah peran petugas Rutan mengantikan di sisi keluarga yang sedang terpisah.

“Kami mengantikan keluarga mereka saat ini, memperhatikan kebutuhan mereka dan apa kesulitan selama menjalani hukuman di Rutan,”ujarnya.

Rony menjelaskan, adapun kegiatan perlombaan yang dilaksanakan di bidang olahraga yakni, bola boly dan bulu tangkis. Selain itu juga ada perlombaan bernyanyi yang warga binaan sering sebut Rutan Idol.

“Nanti mereka setiap satu kamar membentuk tim perwakilan perlombaan, dan mereka juga sangat antusias mengikuti nya,” sebutnya.

(adi)