Hilangkan Jerawat dengan Cara Alami, Berikut 7 Caranya

Hilangkan Jerawat dengan Cara Alami, Berikut 7 Caranya

foto : hanasuva.com

Banyak orang yang susah payah mengobati jerawatnya ke berbagai klinik dan dokter. Sayangnya, tidak semua berhasil. Sebagian malah merasakan kulitnya ketagihan begitu melepaskan perawatan obatnya. 

Lalu, dengan cara apa kulitmu bisa pulih dari jerawat? Simak tujuh cara menghilangkan jerawat dengan cara alami dan tanpa iritasi ini!

1. Cukupi kebutuhan tidurmu per harinya
Merujuk pada penelitian di jurnal "Sleep", resiko stres psikologis akan meningkat 14% per jam tidur yang kamu kurangi. Stres yang ditimbulkan akan memproduksi glukokortikoid yang memicu kelainan pada struktur dan fungsi kulit. 

Menurut dokter Sonia Badreshia-Bansal (dokter kulit di Danville, CA), inilah yang bikin jerawat makin buruk.

2. Ubah cara makanmu 
Ada sejumlah makanan yang bisa menyebabkan gula darahmu naik dan mempengaruhi kerja insulin. Kadar insulin yang berlebihan dalam darah menimbulkan pertumbuhan sel-sel penyumbat pori dan kerja kelenjar minyak.

Penelitian di "American Journal of Nutrition" mengatakan seseorang mungkin lebih sedikit berpotensi jerawat jika menambahkan banyak biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran. Sebaliknya, kurangi pasta, nasi putih, roti putih, dan gula.

3. Olahraga juga bagus buat kesehatan kulit
Olahraga dapat mengurangi stres yang memicu jerawat. Aktivitas ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan mengirimkan banyak oksigen ke sel kulit. 
Senyawa-senyawa yang tidak bermanfaat buat kulit pun akan menjauh pergi. Tapi ingat! Olahraga saja tidak cukup kalau kamu tidak membersihkan keringat yang muncul. Bukankah keringat adalah biang kerok jerawat dan iritasi pada kulit?

4. Kurangi minuman manis dan gantikan dengan air putih agar racun dalam tubuh mudah terurai
Menambah kadar air putih yang kamu minum per harinya adalah salah satu cara detoksifikasi termudah dan cukup baik. Selain itu, minum air putih akan menghidrasi kulit juga. 

Peneliti di University of Missouri-Columbia mendapati, dua cangkir air bekerja secara signifikan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan kulit.

5. Gunakan sunblock agar jerawatmu tak mudah meradang dan pilih yang noncomedogenic
Sinar matahari dapat membuat kulit meradang dan kemudian timbul jerawat yang makin memburuk. Jika kamu rentan jerawat, gunakan sunblock berbahan kimia yang ringan seperti avobenzone, oxybenzone, methoxycinnamate, octocylene, dan zinc oxide. 
Terakhir, pastikan sunblock yang kamu beli itu noncomedogenic (tidak menutup pori-pori dan menyebabkan komedo).

6. Konsumsi makanan dengan asam lemak omega 3 untuk mengontrol produksi leukotriene B4
Omega 3 terbukti dapat mengontrol produksi leukotriene B4. Leukotriene B4 adalah molekul yang meningkatkan sebum dan menyebabkan peradangan jerawat. Kandungan omega 3 dapat ditemukan dalam kacang kenari, alpukat, minyak biji rami, telur, salmon, dan suplemen khusus omega 3.

7. Bersihkan wajah sehari dua kali agar kotoran tidak menumpuk di pori-pori. 
Menurut Carolyn Jacob, MD (ahli kulit dari Chicago), wajah adalah bagian tubuh yang paling banyak memproduksi minyak. Ini karena kelenjar penghasil minyak terdapat banyak di sana. 

Makeup, keringat, polusi, dan kotoran akan menyumbat pori jika tak teratur dibersihkan. Kemudian pori-pori akan terisi dan muncul komedo/jerawat. Pastikan kamu hanya membeli pembersih wajah yang noncomedogenic. 

Lalu, biasakan beberapa kali dalam seminggu mengeksfoliasi kulit dengan face scrub khusus wajah yang lembut.

Itu dia tujuh cara menghilangkan jerawat dengan cara alami dan tanpa iritasi. Kamu sudah mempraktekkan semua? Ingat, menghilangkan jerawat tidak bisa instan dan perlu proses. Sabar dan semangat, ya!

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews