Urutan Negara Penduduk Paling Bahagia, Indonesia Jauh Kalah Dibanding Singapura

BATAMNEWS.CO.ID - Dalam indeks yang dirilis Jaringan Pembangunan Berkelanjutan (SDSN), Jumat (24/4), Swiss dinobatkan sebagai negara yang penduduknya paling bahagia sedunia. Ini kali ketiga Swiss memuncaki daftar tersebut.

Daftar ini disusun dengan mengukur Produk Domestik Bruto, Pendapatan per kapita, rata-rata usia harapan hidup, angka  korupsi, serta kebebasan sosial.

Swiss yang dikenal sebagai produsen jam serta tempat dengan perbankan paling rahasia di dunia memuncaki daftar ini, karena warganya makmur dan tidak memiliki angka kriminalitas tinggi. Selebihnya yang masuk lima besar berturut-turut adalah Islandia, Denmark, Norwegia, dan Kanada.

Sedangkan negara yang dilanda kemiskinan dan perang, menjadi papan bawah. Togo adalah negara yang warganya paling tidak bahagia di dunia, seperti dilansir BBC. Selanjutnya adalah Burundi, Suriah, Benin, dan Rwanda.

Di sisi lain, Indonesia cuma berada di posisi 74. Jauh di bawah Malaysia (61), namun masih berada di atas Vietnam (75). Negara Asia Tenggara yang masuk ke urutan 30 besar daftar SDSN adalah Singapura (24).

Ada 158 negara yang dilibatkan dalam daftar ini. Data yang dipakai termasuk dari Gallup, jajak pendapat akademisi, pelaku usaha, dan pejabat pemerintah.

SDSN adalah organisasi di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Menurut rilis daftar tersebut, mengukur kebahagiaan bisa menjadi parameter keberhasilan pembangunan.

"Data ini bisa dipakai untuk meneliti kebahagiaan dalam proses pembuatan kebijakan yang memungkinkan rakyat hidup lebih baik," tulis SDSN seperti dikutip merdeka.

 

[snw]

SHARE US :