Promosi Potensi Wisata, Pemkab Meranti Gandeng Garuda Indonesia

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Irwan Nasir menyalami General Manager wilayah Pekanbaru PT. GIA Dedy Setiadi, bertempat di Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Selasa malam (21/4). (Foto: Humas Meranti)

BATAMNEWS.CO.ID, Meranti - Berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk dapat memperkenalkan Kabupaten termuda di Riau itu ke seantero nusantara dan ke dunia internasional dengan menggandeng maskapai terbaik di tanah air PT.Garuda Indonesia Airlines (GIA) wilayah Pekanbaru untuk mempromosikan Meranti, mulai dari makanan khas daerah hingga potensi wisata dan investasi. 

Kerj asama yang dilakukan oleh Pemerintah daerah Meranti dan PT. Garuda Indonesia Airlines (GIA)  itu tidak terlepas dari campur tangan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad.

Mantan abang Jakarta tahun 1991 itu juga yang membuat ide cemerlang sewaktu ia menjabat sebagai kepala polisi pariwisata di Polda Riau yang pernah menggagas produk makanan asli Riau untuk di kenalkan pada salah satu maskapai penerbangan Pekanbaru - Jakarta.

Kerja sama itu di wujudkan dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) tentang penyediaan jasa transportasi udara bagi pegawai pemerintahan untuk perjalanan dinas dan non dinas keluar daerah antara Pemda Meranti dengan pihak PT GIA.

 

Dalam hal ini Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti dengan PT. GIA yang diwakili oleh General Manager wilayah Pekanbaru Dedy Setiadi, bertempat di Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Selasa malam (21/4), menuturkan kerjasama itu bukan saja memberikan potongan harga kepada PNS yang ingin melakukan perjalanan dinas keluar kota tapi juga bisa mempromosikan potensi pariwisata dan investasi Meranti ke dunia internasional, selain itu dalam upaya memperkenalkan makanan khas daerah. PT. GIA juga diharapkan bisa mempromosi wisata dan kuliner makanan khas Kota sagu di Inflight Magazine Garuda sebagai salah satu menu hidangan spesial di kabinnya.

"Meranti sebagai sebuah Kabupaten baru belum terlalu terdengar keberadaannya,dengan adanya kerja sama dengan pihak salah satu maskapai terbaik di dunia, PT. GIA kami harapkan dapat memberikan suatu yang berarti bagi Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal promosi daerah," ujar Bupati.

Bupati juga berkeinginan salah satu makanan produksi Industri rumahan masyarakat Desa Alai Kecamatan Tebingtinggi Barat, yakni nugget ikan Lomek yang diklaim merupakan satu-satunya didunia, dapat menjadi salah satu menu hidangan di Kabin pesawat Garuda.

"Kami berharap nugget Lomek yang sudah dipasarkan sampai ke Bali dan Pulau Jawa ini dapat memenuhi syarat untuk bisa dihidangkan di kabin Garuda Indonesia," ucap Bupati, seraya mengajak masyarakat yang ingin berpergian dapat menggunakan jasa pesawat Garuda. Karena terbukti nyaman dan terbaik pelayanannya.

General Manager PT Garuda Indonesia wilayah Pekanbaru, Dedy Setiadi mengatakan sejak dua bulan keberadaan dirinya di Riau.Dia mengaku belum ada hal yang menarik untuk dikenalkan di maskapai penerbangannya,namun setelah menerima tawaran dari Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad untuk mengunjungi Kabupaten termuda di Propinsi Riau itu,dirinya mengaku takjub setelah melihat Kabupaten Meranti dengan segala potensi yang dimiliki.Seperti potensi wisata yang berada di Desa Bokor yang sempat dikunjunginya.

"Kabupaten Meranti memiliki potensi wisata yang sangat baik dan kuliner yang unik, kami bersama Garuda berjanji akan memperkenalkan Kabupaten Kepulauan Meranti kepada Dunia Internasional, dan Garuda berkewajiban untuk itu," ujarnya.

Mantan General Manager wilayah Timika Papua itu juga memberikan kesempatan kepada Pemerintah daerah Kepulauan Meranti jika memiliki informasi tentang agenda wisata dapat memberitahukan dan mengupdate kepada pihak Garuda.

"Kami akan mempromosikanya melalui perwakilan kami di seluruh dunia," ucap Deni lagi.

Dalam kerjasama tersebut antara PT. GIA dan Pemkab Meranti, Deny mengatakan setiap pegawai maupun honorer Kabupaten Kepulauan Meranti yang akan melakukan perjalanan dinas keluar kota yang menggunakan maskapai penerbangan Garuda akan dapat mendapatkan diskon 10  hingga 15 persen untuk setiap kali penerbangan.

"Dengan MoU ini kami memberikan diskon sampai 10 persen, cukup dengan menunjukan identitas pekerjaan kepada petugas," ujar GM Manager PT. GIA.

Terkait dengan memperkenalkan kuliner makanan khas Kota sagu di Inflight Magazine Garuda,Deny mengaku bahwa dirinya akan mencoba mengadakan perundingan dengan tim catering kabin Garuda,karena dalam waktu dekat PT GIA wilayah Pekanbaru juga akan membangun dapur catering khusus untuk makanan khas Riau,dan apabila memenuhi standar maka makanan yang bernuansa sagu itu akan masuk kedalam penerbangan Garuda tersebut menjadi hidangan spesial,namun dirinya mengaku akan tetap merekomendasikan agar makanan yang berbahan dasar sagu bisa diperkenalkan di penerbangan Garuda.

Dia juga mengungkapkan Kepulauan Meranti merupakan sebuah Kabupaten yang unik dengan segala potensi  yang ada,tinggal bagaimana pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Parwisata dan Olahraga untuk mengembangkannya agar lebih menarik.

Dengan ketertarikannya dengan daerah yang memiliki potensi sagu terbaik di Indonesia tersebut maka,dirinya berniat untuk mendatangkan salah satu pihak televisi swasta untuk melakukan syuting program trip adventure ke Meranti dalam hal membantu mempromosi kan Meranti,dan bisa mendatangkan wisatawan dari luar yang juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan Sertifikat ISO 9001:2008 bidang Manajemen Mutu  Kepada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kepulauan Meranti yang diserahkan langsung oleh perwakilan BRS Certification Indonesia Benny Bernarto kepada Bupati Meranti  H. Irwan, M.Si yang selanjutnya diserahkan pada Kepala BPMPPT Kabupaten Meranti, Drs. Hendra Putra.

Seperti dikatakan Bernarto, Sertifkat ISO 9001:2008 yang diberikan oleh lembaga yang berkedudukan di California Amerika Serikat itu kepada Badan BPMPPT Meranti, berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan dari BPMPPT.
 
"Kita melihat masyarakat merasa nyaman dan mendapatkan pelayanan terbaik yang diberikan oleh BPMPPT Meranti, pola pelayanan diwujudkan secara transparan dan akuntabilitas," ujar Bernarto 

Bernarto juga menegaskan, kesuksesan BPMPPT meraih Sertifikat ISO 9001:2008 tidak terlepas dari peran Kepala BPMPPT dan staf  yang berkomitmen memberikan pelayanan terbaik secara berkesinambungan dan terus menerus yang didukung dengan sarana dan prasarana dari APBD Kabupaten Meranti.

Dengan diraihnya Sertifikat ISO 9001:2008 oleh BPMPPT Kabupaten Meranti, membuktikan pelayanan publik yang diberikan BPMPPT sudah Berstandar Internasional, hal itu menjadi sebuah kebanggaan bagi Pemkab Kabupaten Meranti.
 
Bupati Kepulauan Meranti H.Irwan menghimbau kepada SKPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik, dapat meraih Sertifkat yang sama. 
 
Keberhasilan BPMPPT Kabupaten Kepulauan Meranti meraih sertifikat ISO 9001:2008 secara terintegrasi, menempatkan kabupaten itu menjadi awal semangat baru. Irwan menambahkan, prestasi yang telah diraih ini harus bisa dipertahankan.

"Pelayanan terbaik yang diberikan bukan lagi berskala nasional tetapi sudah berskala Internasional, saya mendorong SKPD lainnya untuk dapat meraih sertifikat serupa," harap Bupati

Dan Bupati juga berharap, apa yang diraih dapat meningkatkan motivasi dan semangat kerja untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat menuju Kabupaten Meranti, yang cemerlang, terbilang dan gemilang

Kepala BPMPPT Meranti, Hendra Putra, berjanji akan terus berinovasi dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Komitmen kita, bagaimana mempertahankan pelayanan prima kepada masyarakat Meranti," ujarnya.(adv)

SHARE US :