Daftarkan Bacaleg Sama dengan Hanura, Ini Alasan Demokrat Lingga

Sui Hiok (Kiri) dan Abdul Ghani Atan Leman (Kanan) menuju Kantor KPU Lingga untuk mendaftarkan bacaleg Partai Demokrat pada Pileg 2019 beberapa waktu lalu (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - DPC Partai Demokrat dan Hanura Kabupaten Lingga mendaftarkan salah seorang bakal calon legislatif (Bacaleg) yang sama di KPU Lingga, Selasa (17/7/2018) kemarin.

Bacaleg tersebut yakni Sui Hiok yang pada Pileg 2014 lalu merupakan kader Partai Hanura. Namun, pada Pileg 2019 mendatang, dirinya pindah haluan yakni merapat ke Partai Demokrat.

Menjawab polemik tersebut, Wakil Ketua DPC Demokrat Lingga, Abdul Ghani Atan Leman mengatakan, untuk soal politik merupakan hak seseorang sesuai dengan hati nurani yang ia inginkan.

"Jika bicara kepindahan seseorang, itu adalah atas keinginan juga. Jadi, pada intinya bagi Partai Demokrat, terbuka untuk siapa saja," kata dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (20/7/2018).

Dia menjelaskan, untuk status bacaleg yang menjadi permasalahan saat ini akan kembali kepada mekanisme partai dan yang bersangkutan.

"Bagaimana seseorang bisa didaftarkan kalau persyaratan tersebut tidak pernah diserahkan ke salah satu partai dari yang bersangkutan untuk kita daftarkan? Ini kan jadi satu pertanyaan kita. Yang jelas itu hak seseorang untuk memilih sesuai yang diinginkannya," ujarnya.

Ghani mengaku, saat pendaftaran bacaleg, Sui Hiok yang juga didaftarkan Hanura langsung hadir bersama-sama Partai Demokrat ke KPU Lingga. Hal demikian jelas membuktikan komitmen pria tersebut pindah ke Partai Demokrat.

"Saya rasa, tidak bisa partai lain yang mendaftarkan seorang caleg tanpa keinginan yang bersangkutan, karena semua data dan tandatangan seseorang yang bersangkutan itu adalah dokumen penting yang harus diisi oleh yang bersangkutan di dalam usulan ke KPU. Jadi kami rasa semuanya jelas," ucapnya.

Sebelumnya, Sui Hiok juga membantah maju sebagai bacaleg dari Partai Hanura pada Pileg 2019 mendatang.

"Saya daftarnya hanya satu partai, yaitu Demokrat. Saya tidak pernah mendaftar di Hanura, bahkan saya sudah mengundurkan diri dari Partai Hanura," ujar dia.

Sui Hiok mengaku, sebelum maju sebagai bacaleg dari Partai Demokrat, dirinya sudah melayangkan surat pengunduran dari Partai Hanura.

"Surat pengunduran diri saya juga saya tembuskan ke KPU. Kita lihat saja, nanti syarat yang membuktikan saya daftar di partai mana," katanya.

(ruz)