Piala AFF U-19 2018

Timnas U-19 Raih Posisi Tiga, Egy Maulana Terpaksa Ditandu Usai Menang

Timnas U-19 Raih Posisi Tiga, Egy Maulana Terpaksa Ditandu Usai Menang

Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat merayakan kemenangan usai pertandingan (Foto:net)

Sidoarjo - Timnas Indonesia U-19 berhak atas posisi ketiga Piala AFF U-19 2018 setelah mengalahkan Thailand 2-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (14/7/2018) sore.

Timnas Indonesia U-19 unggul di babak pertama berkat gol Feby Eka Putra pada menit ke-35. Gol semata wayang itu pun bertahan hingga pluit tanda berakhirnya babak pertama ditiupkan.

Memasuki babak kedua, saat laga berjalan beberapa detik, kiper Indonesia M Aqil Savik melakukan blunder. Tendangan gawangnya yang tidak sempurna jatuh di kaki pemain Thailand. Beruntung, tidak terjadi gol.

Dengan skema menyerang umpan-umpan pendek skuat Thailand memberikan ancaman kepada Witan Sulaeman dkk. Beruntung tendangan pemain Thailand masih bisa diblok penjaga gawang Timnas Indonesia itu.

Pada 10 menit pertama di babak kedua pemain-pemain Indonesia banyak melakukan pelanggaran. Hal ini akan berbahaya apabila terjadi di depan kotak penalti Garuda Muda.

Di babak kedua ini juga Thailand lebih banyak menekan Indonesia. Sementara Indonesia bermain lebih tenang dalam membangun serangan dan tidak seagresif di babak pertama.

Pada menit ke-58 Indonesia berpeluang menambah keunggulan. Akan tetapi tendangan kaki kanan Witan Sulaeman bisa diblok kiper Thailand. Sejauh ini tim asuhan Indra Sjafri itu banyak memiliki peluang cetak gol, tetapi kerap terkendala dengam penyelesaian akhir yang kurang sempurna.

Bintang Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri dimainkan pada menit ke-60. Egy masuk menggantikan pencetak gol bagi Indonesia di babak pertama, Feby Eka Putra.

Kesulitan membongkar pertahanan Thailand dari sisi tengah, Indonesia pun lebih banyak menyerang melalui kedua sayap, terutama dari sisi kanan dengan mengandalkan Rivaldo Fere.

Syahrian Abimanyu membawa Garuda Muda unggul 2-0 pada menit ke-85 usai mendapat operan mendatar dari Egy Maulana Vikri dari sisi kanan. Setelah berhasil melewati satu pemain belakang Thailand, Abimanyu melepaskan tendangan kaki kiri ke sudut kanan bawah gawang Thailand yang tidak bisa dijangkau kiper Nopphon Lakhonphon.

Tidak berselang lama Thailand memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui gol Matee Sarakum pada menit ke-85 memanfaatkan kesalahan kiper Aqil dalam mengantisipasi peluang lawan.

Egy Maulana Vikri gagal memanfaatkan peluang emas menjadi gol pada menit ke-94. Meski berada dalam posisi yang bebas setelah mendapat operan dari Todd Fere, tendangan kaki kiri pemain Lechia Gdansk itu masih membentur badan kiper Thailand.

Berkat kemenangan itu, Indonesia berhak menduduki peringkat ketiga. Capaian ini membuat Timnas Indonesia U-19 mengulang prestasi tahun lalu ketika mengalahkan Myanmar 7-1 di Myanmar.

Usai menang, tampak Egy harus diusung menggunakan tandu dan oksigen setelah pemain yang merumput di Eropa itu mengeluh sesak napas.

Susunan Pemain

Thailand: Nopphon Lakhonphon; Katitach Pranthi, Anusak Jaiphet, Nattawut Chootiwat, Pithak Phaphirom, Thirapak Pruengana, Kritsana Daokrajai, Sakunchai Saengthopho, Sittichok Paso, Matee Sarakum, Suphanat Mueanta.

Indonesia: M Aqil Savik; Rifad Marasabessy, Kadek Raditya, Nurhidayat Haji Haris, David Kevin Wato Rumakiek; M Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Alberth Ferre; M Rafli Mursalim, Feby Eka Putra. 

(net)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews