Tiket Pesawat ke Batam Ludes, Maskapai Minta Penumpang Lewat Singapura

Tiket Pesawat ke Batam Ludes, Maskapai Minta Penumpang Lewat Singapura

Pesawat Lion Air

Batam - Jumlah penumpang pesawat ke Batam sangat padat, Rabu (11/7/2018). Hal ini terlihat dari hasil reservasi tiket. Tiket ludes beberapa hari ke depan. Tidak ada Jalur alternatif selain menyeberang ke Singapura terlebih dahulu. 

Distrik Manager Lion Group Batam Mz Bire mengatakan, pesawat keberangkatan ke Batam full sejak tanggal 9 Juli 2018 lalu.

"Kalau tiket Batam keluar masih ada, yang parah masuk ke Batam, tidak ada obatnya, full," ujarnya kepada Batamnews.co.id.

Ia melanjutkan, diantaranya untuk penerbangan Jakarta - Batam, Pekanbaru-Batam, Padang-Batam, Medan-Batam. "Semuanya full termasuk Jakarta-Tanjung Pinang," katanya.

Melihat kondisi itu, Lion Air menurunkan pesawat dengan kapasitas banyak tipe Air Bus A.330 untuk 460 penumpang dan Boeing B-474 untuk 506 penumpang. "Belum pernah kita turunkan pesawat berukuran lebar itu, baru kali ini," ujarnya.

Meskipun menurunkan type pesawat badan besar, alternatif itu tidak bisa mengatasi penumpang yang membludak. Tiket ke Batam tetap kosong.

"Itu dalam sebulan pesawat badan besar bisa sampai 10 hingga 15 kali penerbangan, dulu mana pernah," katanya. 

Bire mengaku heran dengan kondisi tersebut dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. "Kami juga bingung, ada apa di Batam ya," katanya.

Ia menduga kondisi ini terjadi diduga akibat libur panjang sekolah sampai tanggal 16 Juli 2018 mendatang. Banyak warga Batam yang baru balik untuk liburan. "Atau banyak yang mengakhiri liburan panjang ini berkunjung ke Singapura," katanya.

Namun tahun sebelumnya libur panjang juga ada, tetapi tidak seperti ini kondisinya. Penumpang masih bisa mencari tiket meskipun mahal. "Sekarang jangankan yang murah, mahal aja sudah habis," katanya.

Menurutnya, kondisi ini akan normal kembali pada 17 Juli mendatang. "Ya 15 dan 16 Juli bisa lah untuk booking tiket seharga Rp 1,3 juta atau Rp 1,2 juta. Kalau sekarang cari tiket Jakarta kayak nyari emas," ujarnya.

Bahkan lanjut Bire, beberapa maskapai lain juga heran dengan kondisi ini. "Maskapai lain sempat nanya juga sama saya, kok bisa gitu ya," katanya.

Menurutnya, ada sebagian penumpang yang mengambil alternatif naik pesawat ke Singapura setelah itu baru menyeberang ke Batam. "Banyak yang gitu, karena buru-buru mungkin ya," katanya. 

Meskipun ke Singapura harga juga naik, normalnya sekitar Rp 700 ribu, sekarang ke Singapura dari Jakarta Rp 1,7 juta. Bare tidak menduga sebelumnya penumpang akan membludak seperti ini.

Direktur BUBU Hang Nadim mengatakan, kondisi tersebut memang tidak seperti biasanya dan baru terjadi tahun ini. "Rata-rata yang masuk 7900 penumpang setiap hari, sejak tanggal 9 Juli," katanya kepada Batamnews.co.id.

Suwarso menduga, membludaknya penumpang ini terjadi karena libur panjang sekolah, warga Batam banyak berdatangan dari beberapa daerah. "Ada juga pekerja yang hendak ke Batam," katanya. 

Ia melanjutkan mengantisipasi tersebut maskapai Lion Air turunkan pesawat berukuran besar sedangkan masakapai lain tetap mengunakan pesawat seperti biasa. 

"Untuk harga tiket ke Batam masih melanmbung diambang batas," katanya. 

Kondisi ini membuat bingung para penumpang yang hendak ke Batam. Seperti yang dikatakan Ketua Kadin Kota Batam Jadi Rajaguguk, ia mengaku heran semua tiket dari Jakarta menuju Batam habis padahal tidak ada acara. "Ada apa ya di Batam," katanya.

Jadi merencakanan hendak ke Batam, Selasa (10/7/2018), namun sampai sorenya tiket masih habis. Ia pun mengurungkan niatnya untuk kembali ke Batam. 

"Saya selesai rapat Asian Games, mau balik ke Batam tiba-tiba tiket tidak ada, besok (Rabu, 11/7/2018) juga ngak ada," katanya kepada Batamnews.co.id, Selasa (10/7/2018) sore.

Begitu juga yang dirasakan salah seorang karyawan BUMD di Batam. Pria yang tidak mau namanya disebutkan itu tidak bisa kembali ke Batam dari Medan hari ini, pasalnya semua tiket sudah habis.

Pantauan Batamnews.co.id, terlihat situs tiket online tiket untuk ke Batam dari beberapa daerah seperti Medan dan Jakarta memang tidak tersedia. Baik dihari Selasa kemaren hingga Besok Kamis (12/7/2018). 

Kondisi ini juga heboh di media sosial beberapa akun mengeluhkan karena tiket sudah ludes habis. Seperti yang katakan akun Yuan An Wong, tiket pesawat full beberapa hari kedepan. Mesikpun ada tetapi mahal.

"Ke Batam kalau gini, lebih baik meloncong ke Malaysia, tiiket lebih murah," katanya.

Belum diketahui penyebab pasti kondisi ini. Batamnews.co.id masih mencoba mengkonfirmasi pihak Bandara International Hang Nadim, Batam. 

(tan)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews