BUP Karimun Dapat Laba Rp 1,531 Miliar di Beberapa Sektor

BUP Karimun Dapat Laba Rp 1,531 Miliar di Beberapa Sektor

Bupati Karimu Aunur Rafiq (Foto: Batamnews)

Karimun - Badan Usaha Pelabuhan (BUP) selaku BUMD Karimun mendapatkan laba dari sektor-sektor usaha yang dikelolanya sekitar Rp 1,531 miliar. Diantaranya Sektor parkir, pass pelabuhan dan biaya sandar kapal menjadi pendapatan terbesar di tahun 2017.

Jumlah itu diketahui masih di luar pengelolaan pass Pelabuhan Domsetik dan Internasional yang ditargetkan sekitar Rp 3 miliar . Hal tersebut dipaparkan saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BUP yang dilaksanakan di rumah dinas Bupati Karimun, di kawasan Tanjungbalai, Selasa (10/7/2018).

Dari Rp 1,531 miliar tersebut, sebanyak Rp 1 miliarnya diminta Pemerintah Daerah untuk disetorkan ke kas daerah. Sementara sisanya yang sekitar Rp 531 juta dijadikan modal inveatsi BUP untuk tahun 2018.

"Pendapatan terbesar adalah parkir, pass pelabuhan di Sri Tanjunggelam atau KPK, uang sandar kapal, serta aset-aset lain yang menimbulkan pendapatan BUP," kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Dia menjelaskan, modal investasi akan digunakan sebagai perubahan pelayanan yang semakin optimal. Dimana uang tersebut dipakai untuk memperbaiki sarana prasarana sektor yang dikelola oleh BUP. Diantaranya perbaikan ponton, tangga pelabuhan dan perbaikan atap pelabuhan yang rusak.

Sementara, menyangkut penggunaan aset, sedang dibentuk tim. Kerjasama pemanfaatan aset daerah dengan BUP akan segera dituntaskan agar berjalan dengan lancar.

"Namun sebelum tuntas kita akan buat surat dari Bupati agar BUP bisa melakukan perbaikan dengan anggaran yang ada di BUP," ucap Rafiq.

Kemudian, rencana pemindahan pelabuhan bongkar muat dari Taman Bunga ke Parit Rempak, Rafiq menyebutkan masih tersangkut di Kementerian Perhubungan. Selain itu masih ada perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan untuk memenuhi standarisasi.

"Ini yang sedang kita kejar dan bukan gampang. Tapi kita inginkan segera bisa dipindahkan," ujarnya.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews