Cuaca Buruk, BMKG Imbau Penyedia Transportasi Laut di Lingga Hati-hati

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kondisi cuaca tidak menentu beberapa hari belakangan di Kepulauan Riau, termasuk Kabupaten Lingga. Hal ini membuat para pengguna dan penyedia transportasi laut harus berhati-hati saat beraktivitas.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, cuaca di Kabupaten Lingga dan perairan Lingga 3 hari kedepan berpotensi hujan sedang hingga lebat dan disertai angin kencang.

"Pusaran angin tertutup di sebelah barat Kalimantan menyebabkan terjadinya penumpukan massa udara di sekitar wilayah Kepulauan Riau, termasuk Lingga serta prakiraan kelembapan udara yang cukup tinggi di lapisan atas mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif," kata dia ketika dihubungi Batamnews.co.id, Selasa (26/6/2018).

Sahat mengimbau, dengan kondisi tersebut transpotasi laut, udara, dan darat dapat aktif mencari info cuaca terkini untuk keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan. 

"Bagi masyarakat nelayan tradisional berhati-hati dan waspada. Kami juga berharap kepada Instansi terkait yang ada di Pemkab Lingga untuk membantu dan bekerjasama. Kami dari BMKG siap menyebarluaskan info cuaca hingga sampai ke kelompok nelayan trdisional," ujarnya.

Diketahui, saat ini tinggi gelombang di perairan Lingga mencapai 0.2-1.2 meter, dengan arah Tenggara-Barat Daya kecepatan 9-36 km/jam dan arus permukaan dari Selatan 30 cm/detik.

(ruz)