Prakiraan Cuaca

BMKG: Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Natuna Sepekan ke Depan

Foto: Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Kecepatan angin dan gelombang laut di Natuna diprakirakan meningkat sepekan ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi (Stamet) Ranai, menganalisa adanya perubahan pola tekanan udara

Prakirawam Stamet Ranai, Asrul Saparudin mengatakan, hal ini akibat peningkatan sistem pola tekanan tinggi di daratan China dan masih adanya daerah tekanan rendah di utara Kalimantan dan selatan Indonesia.

"Ini mempengaruhi kecepatan angin di wilayah Indonesia terutama wilayah perairan laut Natuna yang merupakan jalur perlintasan menuju selatan Indonesia," terangnya, Selasa (30/1/2018).

Untuk wilayah perairan Natuna kecepatan angin berkisar 10km/jam hingga 60km/jam, terutama awal bulan Februari.

"Keadaan gelombang laut di perairan Natuna juga terjadi peningkatan terutama di laut Natuna bagian Utara, timur dan barat antara Natuna -anambas berkisar 1,5 hingga 4,0 meter," paparnya.

Pertumbuhan awan pun masih cukup banyak terutama pagi, siang/sore dan malam hari. Hujan bersifat lokal dengan intensitas ringan-sedang dengan suhu berkisar 23° hingga 30° C. Sementara kelembaban berkisar 75% hingga 97%.

"Diimbau bagi masyarakat terutama nelayan dan kapal pelayaran untuk waspada dan berhati-hati melaut, terutama di perairan laut Natuna bagian utara, timur dan barat karena potensi ketinggian gelombang laut tinggi di atas 3 meter dapat terjadi," terang Asrul.

(fox)