Arus Kuat dan Gelombang Tinggi, BMKG Keluarkan Warning

Sebuah kapal di laut terkena gelombang tinggi (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Beberapa daerah di Kepulauan Riau kemungkinan akan dilanda angin kencang dan gelobang tinggi hari ini sampai besok.

Adanya pola belokan angin (shearline) di wilayah Kepulauan Riau mendukung pertumbuhan awan-awan, angin umumnya dari arah barat laut hingga timur laut dengan kecepatan 5-36 km/jam.

BMKG Kelas I Hang Nadim Batam memperingatkan akan waspada akan adanya angin kencang dan gelombang tinggi di perairan Bintan, Lingga, Selat Berhala serta arus laut yang kuat di seluruh perairan Kepri untuk tanggal 13 Januari 2018.

Secara umum untuk wilayah perairan Batam sampai Bintan, berpotensi terjadi hujan ringan disertai angin kencang dan gelombang tinggi mencapai 0,2 sampai 3 meter.

Untuk wilayah perairan kepulauan Lingga juga berpotensi terjadi hujan ringan dan disertai angin kencang serta gelombang tinggi mencapai 0,2 sampai 2 meter.

Untuk wilayah Selat Berhala juga berpotensi hujan ringan, angin kencang serta gelombang tinggi mencapai 0,2 sampai 1,3.

Sedangkan pada tanggal 14 Januari, diperkirakan intensitas cuaca di wilayah perairan Batam hingga Bintan, berpotensi hujan lokal, angin serta gelombang tinggi mencapai 0,2 sampai 2,5 meter.

Wilayah Kepulauan Lingga berpotensi hujan lokal disertai angin dan gelombang tinggi mencapai 0,2 sampai 2 meter.

Untuk wilayah Selat Berhala berpotensi hujan lokal disertai angin dan gelombang sedang mencapai 0,2 sampai 1 meter.

(yud)