6 Mitos Perawatan Kulit, Jangan Dipercaya

6 Mitos Perawatan Kulit, Jangan Dipercaya

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Terdapat berbagai macam teori perawatan kulit wajah yang sering dibagikan secara lisan maupun tertulis. Apakah semuanya benar?

Ternyata, tidak sepenuhnya benar. Seperti dikutip dari liputan6com pada Jumat (22/6/2018), eberapa bahkan dianggap mitos. 

Misalnya, aturan perawatan kulit berikut ini.

1. Tidak perlu mengenakan tabir surya ketika mendung

Radiasi matahari menjadi salah satu penyebab penuaan kulit. Meski mendung, bahkan tidak ada sinar matahari sama sekali, sejumlah radiasi tetap akan menyerang kulit.

Bahkan radiasi ini bisa menembus jendela dan kaca.

Itu sebabnya, penting untuk tetap mengenakan tabir surya meski dalam keadaan mendung. Pilih tabir surya dengan minimal 30 SPF dan aplikasikan pada wajah dan leher.

2. Minyak menyumbat pori-pori

Pemilihan minyak esensial dapat mengakibatkan penyumbatan pori-pori. Bahkan juga reaksi alergi jika tidak dipilih dengan benar.

Perhatikan jenis kulit ketika memilih minyak yang akan digunakan.

Minyak dibutuhkan untuk menutrisi, melembutkan, dan mengembalikan kondisi kulit. Minyak ini baik digunakan dalam bentuk, krim, serum, ataupun pembersih.

3. Kulit berminyak jangan diberi pelembap

Ini menjadi mitos yang paling sering didengar. Perlu diketahui, semua jenis kulit perlu pelembap.

Menghilangkan minyak berlebih dengan sabun atau bahkan alkohol, justru memperburuk kondisi kulit.

Yang dibutuhkan untuk kulit berminyak adalah produk kosmetik yang tidak mengandung SLS. Lembabkan dengan produk yanng tidak memiliki komponen komedogenik.

4. Hanya boleh menggunakan produk kosmetik alami

Penggunaan produk kosmetik alami memang dinilai lebih aman. Namun jika sudah melalui proses olahan sehinga membuatnya aman digunakan.

Bahan alami jenis apa pun pasti memiliki efek samping yang cukup buruk bagi kulit jika digunakan bentuk murni. Karena tidak semua bahan alami cocok untuk semua jenis kulit.

5. Menggunakan tonik wajah itu membuang uang

Anda harus pahami jenis tonik wajah apa dibutuhkan. Di pasaran kini banyak jenis tonik wajah yang mengandung lotion, asam, gliserin, dan masih banyak.

Semua itu tergantung kebutuhan kulit.

Jika ingin menghaluskan kulit, Anda bisa menggunakan tonik wajah dengan asam. Jika ingin melembapkan kulit, Anda bisa pilih tonik wajah dengan gliserin.

(deb)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews