Desa Busung Juara 1 Festival Lampu Cangkok 2018

Desa Busung Juara 1 Festival Lampu Cangkok 2018

Desa Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam (SKL) meraih juara 1 Festival Lampu Cangkok 2018 Tingkat Kabupaten Bintan. (foto: Ary/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Desa Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam (SKL) meraih juara 1 Festival Lampu Cangkok 2018 Tingkat Kabupaten Bintan. Desa ini membawa pulang piagam penghargaan dan uang tunai sebesar Rp 10 juta.

Kemenang Desa Busung memenuhi 3 aspek yang diterapkan dalam sistem penilaian festival ini. Diantaranya Aspek Bangunan meliputi kekokohan bangunan, posisi letaknya yang tidak menggangu aktifitas pengguna jalan serta ketinggian menara dengan minimal 3,5 meter.

Berikutnya, Aspek Keamanan meliputi lebar konstruksi gerbang baik dari sisi kiri dan kanan jalan sekitar 5 meter dan kebersihan disekitar gerbang lampu serta ramah lingkungan.

Lalu, Aspek Estetika ( pesan dan kesan yang disampaikan ) dimana bangunan gerbang lampu cangkok harus dibangun bernuansa islami, keindahan lampu cangkok, kerapian serta bahannya dan banyaknya lampu cangkok yang dipasang

"Jadi penilaiannya meliputi 3 aspek yaitu aspek bangunan, aspek keamanan serta aspek estetika. Desa Busung yang memenuhi 3 aspek itu sehingga desa itulah yang berhak mendapatkan gelar juara," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bintan, Ronny Kartika, kemarin.

Festival Lampu Cangkok diikuti oleh 36 desa dan 15 kelurahan se-Kabupaten Bintan. Sedangkan dewan juri yang memberikan penilaiannya yaitu terdiri dari 8 orang.

Diantaranya dirinya sendiri dan tujuh orang lainnya. Yaitu Kepala Dispar Bintan, Luki Zaiman Prawira, Kepala Dispora Bintan, Makhfur Zurachman, Kepala Dinas Perkim Bintan, Hery Wahyu, Kepala Satpol PP Bintan, Muhammad Insan Amin, Kepala Kemenag Bintan, Muhammad Nasir, Kabag Pemerintahan Bintan, Herika Silvia dan Kabag Kesra, Muhammad Lukman.

"Ada 8 dewan juri yang menilai festival ini. Penilainnya dilakukan dari 2-14 Juni 2018," katanya.

Dari hasil penilaian didapati 14 desa dan kelurahan yang keluar sebagai pemenang. Mulai dari juara 1,2,dan 3 serta Harapan 1,2,3, dan 4 sampai Hiburan 1,2,3,4,5,6, dan 7.

Baca juga:

Gerombolan Lalat Serang Permukiman Warga di Bintan

Warga Malaysia Didakwa di Singapura karena Bunuh Teman

 

Diantaranya Juara 1 berhasil disabet Desa Busung, Juara 2 diraih Desa Malang Rapat mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 7 juta, Juara 3 diduduki Kelurahan Tembeling Tanjung mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 5 juta.

Berikutnya Harapan 1 di tangan Kelurahan Toapaya Asri mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 3 juta, Harapan 2 diperoleh Desa Sebong Lagoi mendapatkan piagam dan uang Rp 2,5 juta.

Harapan 3 diberikan kepada Desa Sri Bintan mendapatkan piagam dan uang Rp 1 juta dan Harapan 4 ditangan Desa Penghujan mendapatkan piagam dan uang Rp 1 juta.

Kemudian Hiburan 1 diraih Kelurahan Teluk Lobam mendapatkan piagam dan uang Rp 1 juta, Hiburan 2 diberikan kepada Kelurahan Kawal mendapatkan piagam dan uang Rp 1 juta.

Hiburan 3 disabet Kelurahan Kijang Kota mendapatkan piagam dan uang Rp 1 juta, Hiburan 4 diserahkan kepada Kelurahan Kuala Lobam mendapatkan piagam dan uang Rp 1 juta.

Hiburan 5 diperoleh Kelurahan Tanjunguban Timur mendapatkan piagam dan uang Rp 1 juta, Hiburan 6 diduduki Desa Kampung Hilir mendapatkan piagam dan uang Rp 1 juta, dan Hiburan 7 ditangan Desa Malang Rapat mendapatkan piagam dan uang Rp 1 juta.

"Dari 51 peserta yang mengikuti festival ini hanya 14 desa dan kelurahan yang keluar sebagai pemenang. Mereka mendapatkan piagam dan uang tunai sebesar Rp 37 juta," tutupnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews