Satgas Pangan Pantau Sembako H-2 Lebaran, Ini Hasilnya

Tim Satgas Pangan Pemko Batam melakukan pemantauan harga sembako, Rabu (13/6/2018) dua hari menjelang lebaran. (Foto: Johannes Saragih/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Harga kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Fitri masih relatif stabil. Hal ini berdasarkan hasil pantauan dari Kementrian Perdagangan (Kemedag), Bulog, Dinas perdagangan Kota Batam, dan Satgas Pangan di Pasar Tos 3000, Jodoh, Batam, Rabu (13/6/2018).

"Hasil monitor yang kami lakukan, harga-harga kebutuhan pokok relatif stabil, tidak ada kenaikan atau lonjakan," ujar Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kemendag, Kasan Muhri.

Dari hasil monitor tim diperoleh bahwa harga kebutuhan pokok seperti daging ayam Rp 32 ribu - Rp 36 ribu per kilogram, harga cabai rawit sebesar Rp 35 ribu - Rp 40 ribu per kilogram, harga daging sapi beku sebesar Rp 85 ribu per kilogram.

Untuk harga telur ayam sudah mencapai Rp 40 ribu per papan, namun harga tersebut masih dibawah Harga eceran tertinggi (HET). Bahkan untuk harga gula per kilogram masih jauh dibawah HET.

"Sebenarnya yang dikhawatirkan harga daging ayam yang akan melonjak karena seperti di pulau Jawa, harga daging ayam cukup naik drastis, tapi di Batam masih stabil, " jelas Kasan.

Akan tetapi ada kemungkinan harga cabai hijau diperkirakan akan melonjak naik. Hal tersebut dikarenakan stok cabai hijau yang sedang kosong.

"Cabai hijau di Batam diambil dari pulau Jawa dan Medan, kalau dari Medan tidak ada masalah, hanya saja kalau dari pulau Jawa kemungkinan besar akan terkendala karena ongkos pesawat yang cukup tinggi, jadi masuk kargo itu dikenakan biaya tambahan Rp 1.000 - 2.000 per kilogram," katanya.

Namun untuk kebutuhan pokok lainnya, Kasan memastikan stok pangan di Batam masih sangat mencukupi.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, karena tidak ada kenaikan harga pangan, sampai besok setelah lebaran, transaski tetap aman, dan harga tidak bergejolak," jelasnya.

Ada 200 personil dari kemendag yang diturunkan di berbagai kota dan kabupaten untuk memantau harga kebutuhan pokok. Kasan juga menyampaikan bahwa pihaknya juga sudah melakukan pemantauan di Kota Tanjungpinang.

"Nanti sampai H-1 Lebaran, anggota dari Kemendag juga masih tetap bertugas untuk memantau harga," ucapnya.

(ret)


Berita Terkait