Ada China di Balik Pertemuan Trump dan Kim

Ada China di Balik Pertemuan Trump dan Kim

Xin Ji Ping (Foto: Gettyimages)

Singapura - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji Presiden Cina Xi Jinping karena membantu mengamankan kesepakatan terhadap denuklirisasi Korea Utara (Korut). Ia mengatakan perjanjian itu akan baik bagi Beijing.

"Membuat kesepakatan adalah hal yang hebat bagi dunia, itu juga hal yang hebat bagi Cina. Saya tidak dapat membayangkan bahwa Cina senang dengan seseorang yang memiliki senjata nuklir begitu dekat," kata Trump kepada wartawan di Singapura setelah pertemuan bersejarahnya dengan pemimpin Korut Kim Jong-un.

Kementerian luar negeri Cina juga memuji kesepakatan yang dibuat Trump dan Jong-un. Trump mengatakan, dia akan menelepon Xi, sebelum mendarat di Washington dalam perjalanan kembali dari Singapura.

Trump ingin memberi tahu secara langsung terkait hasil pertemuannya dengan Jong-un. Dia mengatakan Beijing akan masuk dalam diskusi tindak lanjut.

Cina adalah mitra dagang terbesar Korut dan telah menjadi sekutu politik negara yang terisolasi itu. Berbicara setelah KTT Singapura, juru bicara kementerian luar negeri Cina menyarankan bahwa bantuan sanksi dapat dipertimbangkan untuk Korut jika negara itu mematuhi resolusi PBB. Ia menambahkan Cina selalu mematuhi semua resolusi itu.

Trump mengaku percaya bahwa Cina dalam beberapa pekan ini mengurangi sanksi terhadap Korut. Ini memungkinkan lebih banyak perdagangan mengalir di antara kedua negara.

Global Times, surat kabar pemerintah yang dikelola negara, mengatakan, saat ini merupakan saat yang tepat untuk mempertimbangkan pengurangan sanksi terhadap Korut.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews