Percantik Rumah Jelang Lebaran dengan Cara Ini

Percantik Rumah Jelang Lebaran dengan Cara Ini

foto: intisarionline

BATAMNEWS.CO.ID-Kebiasaan mempercantik rumah jelang lebaran menjadi hal yang lumrah dilakukan semua orang. Namun, terkadang untuk mencari inspirasi yang tepat harus mencari referensi terlebih dulu.

Dikutip dari Femina ada beberapa dekorasi rumah yang dapat Anda terapkan untuk mempercantik rumah menyambut lebaran.

Baca juga:

Dosen dan Guru Terbanyak Sebar Ujaran Kebencian

 

Gunakan Warna Netral

Dekorasi ruangan rumah untuk Lebaran, pilihan nuansa Mediterania yang dekat dengan dunia Islam dengan pemilihan warna interior (termasuk warna dinding) yang netral, semisal putih dan krem.

Kedua warna ini memberi efek lapang dan terang pada ruangan. Khusus dekorasi ruangan menjelang Hari Raya Idul Fitri, putih melambangkan kesucian, sesuatu yang bersih, kembali lagi ke fitri.

Tapi, warna putih gak harus melulu diterapkan di dinding, bisa juga di karpet, tirai, figura foto. Agar gak monoton serba-putih, bisa juga memasukkan warna lain semisal hitam untuk ‘memadamkan’ warna putih yang dominan.

Bersih-Bersih Ekstra

Perhatikan juga kebersihan tiap sudut ruang dari debu dan kotoran. Tinggal bersih-bersih ekstra, semisal mencuci gorden agar gak tampak kusam saat Lebaran.

Karpet juga perlu divakum agar nyaman saat diinjak atau diduduki. Jangan lupa mengelap kaca jendela dan merapikan barang-barang yang tampak sesak dan berantakan.

Ornamen Tema Hari Raya

Inilah waktunya Anda mengeluarkan hiasan dekorasi yang memiliki tema Hari Raya Idul Fitri, semisal anyaman ketupat. Kalau ingin lebih semarak, tambahkan hiasan pita, bunga, daun, atau ornamen bertuliskan kaligrafi yang bisa ditempel, diikat, ataupun digantung.

Menambahkan tanaman interior juga bermanfaat untuk menambah keteduhan dalam rumah. Tapi, perhatikan kesegaran daunnya dan wadah yang digunakan. Akan lebih cantik bila wadahnya Anda pilih yang unik, semisal gerabah berukir.

Peralatan Makan Bertema Lebaran

Jamuan Lebaran akan tampak istimewa kalau Anda mengeluarkan barang-barang koleksi semisal teko, sendok, garpu, piring, stoples, dan barang lainnya yang bertema Hari Raya.

Mendekor Teras

Jangan lupa untuk meletakkan beberapa furnitur out door. Daripada Anda menghadirkan perangkat meja dan sofa out door, lebih baik Anda letakkan meja berikut bangku panjang yang saling berhadapan, sehingga ruang out door bisa dimanfaatkan maksimal untuk berkumpul dan bersantap.

Pastikan tanaman-tanaman di halaman depan rumah dalm kondisi baik. Akan lebih unik kalau Anda tambahkan hiasan lampu dengan ornamen khas.

(kin)

 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews