Wah, Kapal Yacht Asing Terapung Tanpa Awak di Laut Natuna

Wah, Kapal Yacht Asing Terapung Tanpa Awak di Laut Natuna

Proses evakuasi kapal yacht Fukumaru yang terombang-ambing di Perairan Midai, Kabupaten Natuna. (Foto: ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Sebuah yacht (boat layar) dievakuasi TNI AL Ranai di Perairan Midai, Kabupaten Natuna, Kamis (24/5/2018).

Yacht bernama Fukumaru berbendera Malaysia itu diketahui milik warga negara Jepang. Disinyalir kapal mengalami kerusakan mesin.
    
Kapal ini dibiarkan mengapung tanpa awak. Salah seorang nelayan yang sedang melaut curiga dan melaporkan hal ini.

Lanal Ranai sebenarnya sudah menerima informasi berita kecelakaan yatch Fukumaru dari hasil koordinasi antara Basarnas Natuna dan Basarnas Daerah yang berkoordinasi dengan Guspurla Armada I dan Guskamla Armada I.

Kapal yacht setelah ditarik ke Pulau Midai (Foto: ist)

Laporan Basarnas Natuna ke Puskodal Mako Lanal Ranai masuk tentang adanya kejadian kerusakan mesin yang menimpa yatch Fukumaru di Perairan Midai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (23/5) sore pada posisi 02.56.472 N  107.391. E.

Pihak Basarnas meminta pihak TNI AL untuk membantu melakukan SAR dan evakuasi. Dari informasi tersebut maka Danlanal Ranai berkoordinasi dengan Koarmada I untuk melaksanakan perbantuan pencarian dengan KRI dan pesawat patroli maritim TNI AL.

Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E. menerima perkembangan informasi dari Kabasarnas bahwa tiga kru kapal rupanya sudah dievakuasi lebih dulu oleh kapal berbendera Malta menuju Malaka, Malaysia.

"Lanal Ranai menerima laporan penemuan Kapal Yatch Fukumaru dari seorang nelayan bernama Amrizal Muktar, serta pantauan unsur Udara Pesawat Patroli maritim TNI AL Cassa U-618 BKO Guspurla Koarmada I," kata Harry.

Ia menjelaskan, personel Posal Midai yang berlokasi sekitar 20 NM dari lokasi kejadian untuk melakukan SAR dan evakuasi terhadap Kapal Yatch Fukumaru. Kapal dibawa ke dermaga Pasar Midai depan PosAL dengan menggunakan kapal pompong KM. Anugerah Suci.

Dari laporan hasil tracking yang dilakukan, ketiga nama awak Yacth, yakni  dua pria Akio Fukumoto dan Kinuichi Iwasa, serta Mayumi Sasaki. Mereka berangkat dari pelabuhan asal Langkawi.

Saat ini Kapal Yatch Fukumaru sudah sandar didermaga Midai dan dalam pengawasan Posal Midai Lanal Ranai untuk proses lebih lanjut dan menunggu hasil koordinasi dengan pihak terkait.

 

Kontributor Natuna: M. Rozali


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews