Buaya Muara di Lingga Makin Ganas, Warga Minta Tolong ke Pemerintah

Buaya Muara di Lingga Makin Ganas, Warga Minta Tolong ke Pemerintah

Buaya muara yang terkenal ganas (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kehadiran buaya muara di Lingga semakin meresahkan masyarakat. Banyak seorang nelayan menjadi santapan reptil tersebut.

Warga pun meminta agar pemerintah daerah mencari solusi agar tidak jatuh korban lagi.

"Pemerintah daerah harus peka terkait persoalan ini, hal ini sudah terjadi berulang kali kepada warga Lingga diterkam dan dimakan buaya di banyak tempat. Bukan hanya kejadian baru terjadi saat ini saja," ujar salah seorang warga Daik Lingga, Al Amin kepada Batamnews.co.id, Selasa (15/5/2018).

Dia melanjutkan, pengambil kebijakan seperti eksekutif, legislatif maupun pihak terkait jangan terkesan melakukan pembiaran terkait permasalahan tersebut.

"Kesan selama ini seakan sengaja dibiarkan berlarut-larut permasalahan yang berulang kali terjadi" katanya.

Dirinya berharap, petinggi yang ada di Lingga jangan sampai tidak melakukan upaya dan langkah kongkrit terkait persoalan ini, apalagi sampai kejadian ini kedepan terulang kembali.

"Apakah harus menunggu keluarga atau pejabat-pejabat di pemerintahan di makan buaya dulu baru upaya agresif dan responsif di lalukan? Kalau begitu baru akan ada tindakan, maka biarkan saja masyarakat, korban maupun keluarga korban mendoakan agar pengambil kebijakan pula yang menjadi korban dimangsa buaya, supaya mereka merasakan apa yang menjadi keresaahan masyarakat dan korban selama ini," ujarnya.

Amin menilai, satwa yang membahayakan kehidupan masyarakat dan mengancam kehidupan masyarakat di kawasan pemukiman dan lingkungan pemukiman sebaiknya di bunuh, walaupun satwa itu dilindungi sebagaimana dalam peraturan pemerintah.

"Kami masyarkat meminta kepada pemerintah daerah cepat mencari solusinya supaya orang Lingga tidak punah atau pun tidak lagi dimakan buaya. Biarlah buaya yang menjadi punah asalkan jangan masyarakat Lingga," ucapnya.

Takut melaut

Sementara itu, Jo salah seorang nelayan Lingga, mengaku ada rasa takut untuk melaut bukan karena gelombang, tapi karena kehadiran buaya muara tersebut.

"Apakah bapak-bapak diam begitu saja tanpa mencari alternativ lain, supaya kami masyarakat lebih leluasa pergi melaut tanpa hambatan di terkam buaya muara? Kami minta tolong berikan solusi," katanya.

Diketahui, kejadian nahas warga yang berpropesi sebagai nelayan di Lingga diterkam buaya, sering kali terjadi, ada yang selamat dan ada yang meninggal dunia. Belum ada solusi terkait hadirnya buaya muara yang meresahkan warga tersebut.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews