https://www.batamnews.co.id

Sejumlah Perusahaan Air Tertarik Garap Dam Tembesi

Dam Duriangkang yang saat ini menjadi salah satu dam terbesar di Batam (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sejumlah perusahaan tertarik mengelola Dam Tembesi, Batam. Ada sekitar 21 perusahaan yang berminat. Diantaranya adalah PT Adhya Tirta Batam (ATB). 

Deputi IV Badan Pengusahaan (BP) Batam Eko Budi Soepriyanto, mengatakan perusahaan yang menyatakan minat untuk pengelolaan Dam Tembesi berasal dari dalam dan luar negeri. 

"Saat ini kita sedang menerima para Perusahaan yang menyatakan minat pengelolaan untuk Dam Tembesi, sudah ada 21 Perusahaan," ujar Eko di Gedung BP Batam, Jumat (4/5/2018). 

Eko menyatakan bahwa bulan ini proses market sounding yaitu promosi akan dilakukan, pihaknya akan mengecek secara detail setiap promosi yang ada. 

"Kami cek secara detail, berapa yang maju ke final," katanya. 

BP Batam menargetkan tahun ini proses lelang ini sudah diselesaikan dan mendapatkan pemenang. Dalam menentukan pemenang lelang nanti, BP Batam akan melihat kepada kapabilitas dan kemampuan finasialnya. 

Kapabilitas akan diprioritaskan kepada Perusahaan yang mempunya banyak pengalaman dalam membangun infrastruktur air seperti Water Treatment Plant (WTP).

“Keuangan yang mencukupi dan pengalaman kelola air ini yang sangat penting. Kami akan prioritaskan untuk perusahaan yang buat WTP,” katanya.

(ret)