Semua WNA Bisa Miliki Properti di Batam, Siapa yang Jamin ?

Semua WNA Bisa Miliki Properti di Batam, Siapa yang Jamin ?

Properti perumahan yang ada di Batam. (Foto: ist)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam tetap mendorong Warga Negara Asing (WNA) agar memiliki properti di Batam. Namun masih masih terganjal mengenai penjamin properti.

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan bahwa aturan kali ini memang berbeda dari sebelumnya. Jika dulu harus WNA sebagai pekerja yang diperbolehkan untuk memiliki properti dengan Kartu izin tinggal terbatas (Kitas), sekarang WNA yang tidak pekerja juga diperbolehkan.

“Masih dalam pembahasan, belum diberlakukan,” ujar Lukita usai acara Batam Investor Summit di Club House Orchard, Batam Centre, Senin (23/4/2018).

Ia menjelaskan aturan tersebut belum diberlakukan karena masih dalam pembahasan oleh pihak berwenang yang dalam hal ini kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan Imigrasi.

Hal lainnya masih menjadi kendala yaitu membutuhkan penjamin, Real Estate Indonesia (REI) khusus Batam tidak dapat menjamin karena memerlukan Kitas bagi yang bukan pekerja.

Sehingga menurutnya sebagai Lembaga Negara, BP Batam juga dapat menjaminkan dan didukung juga karena BP Batam memiliki Hak Pengelolaan Lahan (HPL) di Batam.

“Kami bisa karena lembaga pemerintah, kedua lahan di batam semua HPL di bawah Bp, dan berkewajiban memonitor orang asing,” ujarnya.

Sejauh ini, minat WNA khususnya Singapura terhadap properti di Batam cukup besar. Karena harga jual properti di Batam masih sangat murah dibandingkan dengan Singapura.

Kebanyakan WNA yang ingin memiliki properti di Batam adalah orangtua yang ingin menghabiskan masa tuanya di Batam.

“Misalnya harga apartemen Rp 1 miliar, bisa Rp 6 miliar di Singapura dengan luasan yang sama, karena lahan terbatas, sementara kita masih ada,” jelasnya.

Nantinya dalam penerapan aturan tersebut, Indonesia bisa mencontoh negara-negara tetangga yang terlebih dahulu sudah menerapkannya, seperti di Malaysia.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews