Sekda Bakal Lapor ke Menteri Hasil Evaluasi Aplikasi Elektronik

Sekda Bakal Lapor ke Menteri Hasil Evaluasi Aplikasi Elektronik

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Pemprov Kepri membentuk Tim Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Tim ini memiliki waktu sekitar tiga pekan untuk melakukan evaluasi mandiri.

“Saat ini draf SK Tim Evaluasi sudah ada di Biro Hukum. Evaluasi SPBE ini penting, nanti Sekda yang akan melaporkan hasil evaluasi pada menteri,” ujar Muhammad Yunus, Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Dinas Kominfo Provinsi Kepri saat memimpin Rapat Koordinasi Tim Evaluator Internal SPBE Provinsi Kepri, Jumat (27/4).

Nantinya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan melakukan evaluasi mandiri terhadap aplikasi yang dijalankan.

“Menilai sendiri memang sangat sulit. Karena kalau menurut kami, apa yang kita buat tentu sudah bagus. Tapi ada indikator penilaian yang sudah disiapkan,” kata Kabid.

Terdapat 35 indikator penilaian yang harus dipenuhi. Penilaian tersebut juga harus disertai dengan bukti-bukti. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menetapkan jadwal evaluasi yang harus diikuti kementerian, lembaga dan daerah.

Tahap awal telah dilakukan sosialisasi evaluasi SPBE pada 28 Maret lalu di Jakarta. Selanjutnya disediakan waktu empat minggu bagi kementerian, lembaga maupun daerah untuk melakukan evaluasi mandiri terharap aplikasi yang dijalankan.

Saat ini tersisa waktu tiga minggu bagi Pemprov Kepri untuk mengevaluasi SPBE, hingga 18 Mei mendatang. Disusul dengan evaluasi dokumen, termasuk didalamnya penyertaan bukti-bukti.

Terdapat juga sesi wawancara serta observasi lapangan. Evaluasi SPBE ini dijadwalkan rampung pada 23 November mendatang ditandai dengan pelaporan hasil evaluasi.

Provinsi Kepri sendiri saat ini kembali mendata jumlah aplikasi yang dijalankan pada masing-masing OPD. Pasalnya beberapa OPD telah menambah aplikasi.

Logo Jembatan Dompak Kepri Secara Keseluruhan Menjadi Simbol Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Yang Selalu Ingin Terhubung Dengan Masyarakatnya, Selalu Terbuka dan Selalu Mempersembahkan Yang Terbaik Bagi Siapapun Yang Menemuinya. "757 Disingkat Jadi Ju Ma Ju yang Didefinisikan dengan maju-maju. Kepri Maju".

(kin)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews